Teropong Bisnis | Homepage
Belajar dari Sang Ahli Strategi Pemasaran

Belajar dari Sang Ahli Strategi Pemasaran

0 Comments 🕔14.Apr 2014

Strategi pemasaran menjadi salah satu hal penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Dengan strategi yang tepat, produk kita akan mendapatkan tempat khusus di hati konsumen. Bila hal ini dapat dicapai, maka kesuksesan akan datang.

Hal diatas dapat kita temukan pada perusahaan besar. Starbuck Coffee dan McDonald adalah contoh nyatanya. Kedua perusahaan ini sangat sukses bahkan sudah mendunia. Hal ini tentunya adalah yang diinginkan oleh semua perusahaan.

Bila Anda ingin tahu bagaimana mereka dapat sukses, hal pertama yang perlu dilihat adalah visi dan misi kedua perusahaan ini. Kedua perusahaan ini mempunyai visi dan misi yang sama, yaitu menjadi yang terbaik di dunia. Memang mudah diucapkan, tetapi hampir mustahil untuk dicapai. Yang mengagumkan, kedua perusahaan ini benar-benar bekerja keras untuk mewujudkan hal tersebut.

Starbuck sendiri mengusung konsep rumah ketiga setelah rumah dan kantor. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi dan misinya, serta menentukan target pasar yang ingin mereka bidik.

Sedangkan McDonald, mencoba menyediakan menu yang cocok untuk siapa saja. Tua atau muda, anak-anak atau dewasa, pria dan wanita. Selain itu, mereka juga mengangkat cita rasa lokal tiap negara ke dalam menunya.

ide bisnis, strategi pemasaran, ahli pemasaran, cara pemasaran, memasarkan usaha

Selain itu, promosi juga gencar dilakukan. McDonald contohnya menggunakan media iklan televisi, bonus, dan penciptaan menu baru untuk konsumennya. Sedangkan Starbuck, menyediakan variasi produk dengan kualitas yang sangat terjaga. Mereka juga menggunakan strategi pemasaran dengan memperkuat brand mereka di pikiran konsumen melalui logo perusahaan dan merchandise.

Kedua perusahaan ini juga membuat strategi positioning yang tepat agar konsumen mereka setia. Setelah proses promosi sebelumnya sukses, diperlukan program lagi untuk memperkuat loyalitas konsumen.

Starbuck sendiri menggunakan cara layanan drive thru. Dengan layanan ini, konsumen dapat memesan produk mereka dengan mudah. Selain itu, layanan ini tersedia 24 jam non stop. Jadi, konsumen yang ingin menikmati produk Starbuck, mereka dapat dengan mudah mendapatkannya.

McDonald menggunakan layanan pesan antar langsung ke tempat tinggal konsumen. Selain itu, mereka juga membuat kualitas produk mereka terjaga sesuai dengan minat konsumen. Dan bonus juga diberikan, yang berupa mainan unik untuk menarik segmen anak-anak dan remaja.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kreativitas disini dibutuhkan tidak hanya dalam proses desain dan pembuatan produk. Pada proses marketing dan pemasaran juga dibutuhkan kreativitas. Sehingga, strategi pemasaran akan berjalan tepat sasaran dan efektif. Tentunya hal ini akan memberikan hasil yang terbaik.

Starbuck dan Mc Donald adalah salah satu dari banyak perusahaan yang berhasil melakukan hal tersebut. Hasilnya cukup memuaskan. Pelanggan mereka selalu setia dan puas terhadap produk dan layanan mereka. Dan, bila Anda melihat gerai kedua perusahaan ini, maka akan selalu tampak ramai, yang merupakan tanda kesuksesan strategi pemasaran mereka.

ide bisnis, strategi pemasaran, ahli pemasaran, cara pemasaran, memasarkan usaha

BACA JUGA:

Tips Membuka Bisnis Kuliner yang Sukses

5 Pilar Penting dalam Memulai Bisnis Anda

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *