Teropong Bisnis | Homepage
Belajar dari Perusahaan di China dengan Nilai Pertumbuhan Merek Dagang yang Tinggi

Belajar dari Perusahaan di China dengan Nilai Pertumbuhan Merek Dagang yang Tinggi

0 Comments 🕔30.May 2014

Dengan menjamurnya produk-produk asal China membuktikan bahwa merk dagang tersebut memiliki popularitas yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan merk dagang lainnya. Riset yang dilakukan oleh Brandz pun menunjukkan bahwa China merupakan negara dengan pertumbuhan merk dagang tercepat.

Dari daftar perusahaan dengan pertumbuhan merk dagang tercepat, Brandz mencatat ada 11 perusahaan yang berasal dari China. Posisi kedua diduduki oleh perusahaan asal Rusia. Afrika menduduki posisi ketiga dalam riset perusahaan dengan pertumbuhan brand tercepat tersebut. Uniknya, merk dagang tersebut berasal dari berbagai sektor.

Sebagai contoh, China merupakan salah satu raja di sektor teknologi. Tidak heran jika salah satu perusahaannya yaitu Tencent menjadi perusahaan dengan pertumbuhan brand tercepat. Tencent sendiri merupakan perusahaan internet asal China.

Walaupun Anda sepertinya tidak pernah mendengar nama perusahaan tersebut namun ternyata perusahaan ini berada di urutan ketiga bersaing ketat dengan Google dan Amazon. Jika dilihat secara detail, pertumbuhan nilai yang dicapai oleh merk dagang Tencent berada di atas 50% bahkan nilainya sangat fantastis yaitu 97%.

Di tahun 2014 saja, pertumbuhan merk dagang Tencent meningkat menjadi US$53.615. Di tahun sebelumnya, Tencent mencatat nilai dagang yang mencapai US$27.273. Untuk ukuran dunia, Tencent sudah berada di posisi 15 besar merk dagang tertinggi. Tepatnya, merk dagang perusahaan internet ini suda menduduki peringkat ke 14 dunia.

Ada pula merk dagang lain yang juga bertumbuh dengan cepat yaitu Baidu. Saat ini Baidu mengalami pertumbuhan mencapai 46% dengan total nilai US$29.769. Pada awalnya, perusahaan tersebut mampu bertahan dengan pertumbuhan yang signifikan yaitu mencapai US$20.443.

Dengan nilai peningkatan tersebut, Baidu tercatat dalam urutan 25 untuk perusahaan dengan nilai merk dagang tertinggi di dunia. Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus belajar di perusahaan-perusahaan di China karena merk dagang merek bisa sangat cepat populer di banding merk dagang di Indonesia.

Setidaknya ada 2 rahasia mengapa merk dagang mereka bisa sangat cepat sekali bertumbuh. Dari produk-produk teknologi asal China yang merajai beberapa pasar di dunia, bisa dipastikan bahwa rahasia pertama adalah karena China selalu melakukan inovasi dalam hal teknologi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di era digital semacam ini teknologi menjadi sangat penting. Siapa yang bisa berkuasa di bidang teknologi maka dialah yang menang. Rahasia kedua adalah perusahaan-perusahaan di China sangat mementingkan faktor kepercayaan konsumen.

Perusahaan-perusahaan tersebut akan mengeluarkan produk yang berkualitas dan tidak asal-asalan. Dapat dikatakan pula bahwa perusahaan yang mengusung merk dagang teknologi memberikan timbal balik berupa peningkatan kehidupan untuk konsumennya.

Konsumen benar-benar mendapatkan manfaat dari produk teknologi tersebut. Semoga kelak Indonesia juga mampu memiliki perusahaan dengan merk dagang yang cepat bertumbuh.

merek dagang, brand, perusahaan cina, wirausaha, bisnis

BACA JUGA:

Dari 150 Ribu Menjadi 8 Juta Per Bulan dengan Nugget Sayuran

Mebel Macet, Usaha Mainan Anak-Anak Melaju Pesat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *