Teropong Bisnis | Homepage
Bangkit dari Kebangkrutan

Bangkit dari Kebangkrutan

0 Comments 🕔12.Aug 2013

Bangkit-dari-Kebangkrutan-3

Kebangkrutan

Menelan pil pahit kegagalan memang sangat menyesakkan. Banyak pengusaha yang luar biasapun mengalami kebangkrutan. Mungkin bukan karena kegagalan dirinya tapi karena keadaan Negara yang mungkin berada dalam keadaan yang tidak aman sehingga banyak terjadi tindak anarkis massa seperti layaknya keadaan dalam negeri di Mesir selama beberapa bulan belakangan ini.

Ketika Anda sedang duduk di puncak duniapun, Anda sebaiknya tidak lengah karena kebangkrutan bisa menyerang siapa saja. Mari kita lihat kisah si taipan asal Brasil bernama Eike Batista. Pengusaha ini pernah duduk sebagai orang terkaya nomor tujuh di dunia dan berniat untuk mengembangkan kekayaannya sehingga menduduki nomor satu dunia.

Ia dikenal banyak orang karena ia telah membantu negaranya untuk mempersiapkan Olimpiade tahun 2016 yang akan datang dan dikabarkan telah mengeluarkan banyak biaya untuk proyek tersebut. Namun tahun ini, ia tidak lagi duduk di 100 besar orang terkaya di dunia.

Ia dikabarkan telah kehilangan uang sebesar Rp. 338,7 trilyun sehingga berada di ambang kebangkrutan. Hebatnya lagi, uang tersebut hilang dalam waktu kurang dari dua tahun saja sementara ia menghabiskan seumur hidupnya untuk mengumpulkan uang tersebut. Tidak tahu apakah ia akan berhasil bangkit dari kebangkrutannya itu seperti Donald Trump.

Donald Trump memang seorang pengusaha sejati. Ia telah mengalami kebangkrutan dan kembali berhasil menjadi milyader empat kali setelah mengalami kebangkrutan. Ini berarti bahwa bukan saja ia memiliki strategi yang jitu tapi ia juga merupakan seorang pengusaha berkarakter kuat. Ia dapat menghadapi kegagalannya dengan baik dan menjadikannya sebagai pembelajaran.

Tips Mengatasi Kebangkrutan

Memang berat ketika Anda berada dalam posisi bangkrut tapi orang lain seakan melihat ke Anda sambil mentertawakan kegagalan Anda. Tidak apa-apa untuk menangis selama beberapa hari karena telah kehilangan apa yang Anda usahakan selama bertahun-tahun, tapi jangan biarkan ini berlarut-larut.

Setelah masa bersedih itu usai dan Anda sudah puas menangis, maka marilah mulai mengevaluasi apa yang telah terjadi. Jika Anda merasa bahwa Anda belum dapat melihat segalanya dengan lebih obyektif, maka mungkin ini saatnya Anda mendapatkan bantuan dari rekan pengusaha yang sempat mengalami hal yang sama.

Mereka yang pernah mengalaminya tahu benar bagaimana rasanya dan bisa memberitahukan kepada Anda bahwa kegagalan itu bukanlah akhir dari segalanya. Cobalah Anda juga berbincang mengenai perusahaan Anda dan bagaimana perasaan Anda. Ini pastinya akan sangat membantu mengeluarkan beban Anda. Selain itu, dia bisa juga memberikan masukan berharga selama masa evaluasi.

Ia juga bisa membantu Anda untuk kembali mendapatkan keyakinan diri untuk terus berusaha. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup. Kegagalan Anda yang pertama ini mungkin bisa membantu membawa Anda ke keberhasilan yang lebih lagi.

Bangkit-dari-Kebangkrutan-2

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *