Teropong Bisnis | Homepage
Balik Cara Penyampaian Strategi Bisnis dengan Mengawalinya dari Peluang Bisnis

Balik Cara Penyampaian Strategi Bisnis dengan Mengawalinya dari Peluang Bisnis

0 Comments 🕔24.Jun 2014

Perusahaan dapat dikatakan sebagai sebuah wadah dimana banyak aspek yang saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lainnya. Oleh karena itu, kesuksesan sebuah perusahaan tidak hanya dipengaruhi oleh satu orang atau satu faktor saja. Semua hal di dalam perusahaan harus saling bekerjasama untuk meraih kesuksesan ini.

Tetapi, kesuksesan ini tidak dapat muncul secara sendirinya. Langkah pertama kesuksesan dipicu oleh strategi bisnis yang baik yang dapat digunakan oleh perusahaan. Ide strategi bisnis ini dapat datang dari mana saja. Bila Anda mempunyai ide strategi bisnis untuk perusahaan Anda, Anda jangan ragu untuk menyampaikannya.

Sayangnya, seringkali timbul masalah saat Anda menjelaskan ide dan strategi bisnis yang Anda susun pada manajer atau tim Anda. Ada banyak hal yang menyebabkan sulitnya penyampaian ide ini. Namun, yang paling umum, ada dua penyebab masalah ini.

Yang pertama adalah Anda mempresentasikan strategi bisnis Anda kepada audiens yang tidak mengerti bidang tersebut. Atau, mereka belum berpengalaman dalam berbisnis di bidang Anda. Hal ini sangat wajar, karena, meskipun strategi bisnis Anda begitu cemerlang, namun, mereka mendengarnya sebagai hal yang asing. Hal ini membuat mereka sulit mengerti apa yang akan Anda lakukan.

Penyebab lainnya adalah ide yang berbeda. Audiens Anda memiliki ide dan strategi yang bertolak belakang dari ide dan strategi bisnis yang Anda sampaikan. Mereka tentunya secara natural menolak semua strategi Anda dan tidak mau mengerti ide yang Anda sampaikan.

Menghadapi masalah diatas, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya. Anda hanya perlu melakukan satu hal, jangan paparkan strategi bisnis Anda secara langsung. Anda harus membaliknya. Mulai dari peluang besar yang bisa didapat dari pengaplikasian strategi bisnis Anda.

Jelaskan peluang besar yang bisa didapat dan kemudian beranjak kepada strategi untuk mendapatkannya. Dengan cara ini strategi Anda akan terasa lebih masuk akal dan mudah dipahami.

Selain itu, peluang besar yang Anda sampaikan juga mendatangkan rasa puas dan kemenangan. Penyampaian peluang besar ini juga dapat lebih mudah menarik perhatian audiens dan mereka juga lebih mudah mengingatnya.

Tetapi, Anda juga tidak serta merta menyampaikan peluang besar ini secara gamblang. Anda harus menatanya dengan baik. Bila tidak, audiens akan merasa bahwa peluang ini terlalu besar untuk dicapai atau mereka akan merasa bosan.

Penyampaian peluang besar haruslah ringkas, setidaknya separuh halaman. Selain itu, ide peluang besar ini harus jelas dan terarah pada hal yang sama. Dan yang paling penting, harus masuk akal. Sesuaikan dengan kondisi perusahaan Anda.

Dengan menggunakan cara diatas, ide dan strategi bisnis Anda akan lebih mudah disampaikan. Manajer dan bos Anda akan lebih yakin ide tersebut berhasil dan tim Anda akan lebih mengerti dan tertarik dengan ide ini. Tetapi, yang paling penting, ide Anda harus asli buah pikir Anda sendiri, jangan meniru orang lain. Kredibilitas Anda akan tercoreng bila Anda mengambil ide orang lain.

3.Balik Cara Penyampaian Strategi Bisnis dengan Mengawalinya dari Peluang Bisnis 1

BACA JUGA:

Kebiasaan yang Menjadikan Anda Pebisnis Sukses

3 Solusi Memilih Yang Terbaik dari Ribuan Ide Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *