Teropong Bisnis | Homepage
Antara Kesehatan Karyawan Dan Masa Depan Perusahaan

Antara Kesehatan Karyawan Dan Masa Depan Perusahaan

0 Comments 🕔16.Jul 2014

Saat ini, masyarakat di dunia sudah sangat sadar akan pentingnya hidup sehat. Mereka tahu, bila hidup sehat tidak hanya baik untuk tubuh mereka. Tetapi, hidup sehat ternyata juga membawa dampak positif pada kondisi keuangan mereka.

Hal diatas juga berlaku dalam dunia bisnis. Bahkan, tahun 2014 ini, dapat dikatakan sebagai tahun dimana dunia bisnis bergeser dari dunia yang hanya untuk keperluan bisnis menjadi dunia untuk kesehatan dan kebugaran.

Kondisi diatas tampak pada banyak artikel dan topik yang dibicarakan di berbagai majalah bisnis. Dalam pembicaraan mengenai bisnis, banyak diungkapkan bahwa kesehatan merupakan salah satu hal terpenting. Karena hal ini pula, banyak perusahaan saat ini yang lebih memperhatikan kesehatan karyawan mereka.

Kesehatan karyawan yang terjamin akan memberikan keseimbangan hidup mereka. Dan, hal ini dapat membawa dampak baik bagi perusahaan. Hal ini akan berujung pada berkembangnya dan majunya perusahaan tersebut.

Dr. Rajiv Kumar, CEO ShapeUp, sebuah perusahaan penyedia solusi kebugaran, menyampaikan hal yang sama. Dalam review yang ditulis beliau di Harvard Businss Review, beliau mengungkapkan adanya dampak kesehatan dan kseimbangan hidup karyawan dengan produktivitas mereka. Artinya, saat kualitas hidup dan kesehatan karyawan meningkat, produktivitas mereka juga meningkat. Karena karyawan adalah unsur penting dalam perusahaan, produktivitas mereka akan mempengaruhi perkembangan perusahaan.

Lebih detail lagi, Dr. Rajiv Kumar mengungkapkan sebuah penelitian di Harvard mengenai hal ini. Menurutnya, setiap Dollar yang digunakan perusahaan untuk menjamin kesehatan karyawan mereka akan memberikan keuntungan. Menurut penelitian ini, perusahaan akan menghemat biaya sebesar $3,27 untuk setiap Dollar yang digunakan untuk kesehatan karyawan mereka. Dana ini adalah biaya kesehatan rutin karyawan.

Selain itu, perusahaan juga akan mendapatkan penghematan sebesar $2,73 untuk setiap Dollar yang dikeluarkan sebagai jaminan kesehatan karyawan mereka. Penghematan ini datang dari semakin rendahnya tingkat absen kerja para karyawan.

Dr. Rajiv Kumar juga menyampaikan hasil dari penelitian oleh Milken Institute. Menurut penelitian ini, setiap karyawan yang menderita penyakti berat, seperti jantung, darah tinggi, paru-paru atau diabetes, akan membebani perusahan. Produktivitas mereka akan menurun drastis dan perusahaan rugi sebesar $1,1 triliun.

Melihat hasil penelitian diatas, tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan karyawan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan. Bila tidak, Anda yang mempunyai perusahaan, harus bersiap untuk merugi. Dan, kerugian yang dapat Anda derita sangatlah besar.

Dapat disimpulkan, ada hubungan yang sangat kuat antara kesehatan karyawan dan produktivitas kerja mereka. Atau, dapat dikatakan, kondisi tubuh mereka akan mempengaruhi kondisi pikiran mereka. Dan, bila pikiran mereka terganggu akibat penyakit yang diderita, mereka tidak akan dapat fokus. Hasilnya, produktivitas menurun, pekerjaan tidak lancar dan perkembangan perusahaan Anda akan terganggu.

kesehatan karyawan, bisnis, wirausaha, jamsostek

BACA JUGA:

4 Hal Dibalik Rasa Takut Memulai Bisnis

8 Tips 100% Berhasil Memilih Jasa SEO Terbaik

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *