Teropong Bisnis | Homepage
Anda Menang, Pelanggan Tenang Dengan 6 Jurus Jitu

Anda Menang, Pelanggan Tenang Dengan 6 Jurus Jitu

0 Comments 🕔26.Jan 2014

Ada kalanya, pelanggan mengajukan komplain kepada Anda. Sebagai pengusaha yang sejati, Anda harus menanggapinya dengan benar, agar pelanggan tenang dan dapat Anda pertahankan. Berikut, beberapa cara menenangkan hati pelanggan.

1. Hadapi dengan Kepala Dingin

Jangan menyela! Dengarkan keluhan pelanggan Anda, dan bila Anda memang salah, akui. Dengan demikian, kemarahan pelanggan Anda akan mereda.

Anda harus tenang, bahkan bila mereka berbicara kasar. Gunakan cara yang lebih dewasa agar pendekatan Anda berjalan lebih efektif.

2. Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan

Setelah langkah pertama, Anda dapat mulai meyakinkan pelanggan Anda. Tunjukkan bahwa Anda senang membantu mereka dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Ingatkan juga kepada mereka, secara halus, bahwa Anda pernah memecahkan masalah yang sama di masa lalu.

Anda juga dapat memberikan hadiah atas kesabaran dari pelanggan Anda. Anda dapat memberikan kupon layanan atau lainnya, untuk hadiah ini. Hal ini dapat membuat pelanggan tenang.

3. Profesionalitas

Profesionalitas disini bukan berarti Anda harus seperti robot, yang tidak punya perasaan. Ada kalanya pelanggan akan berbicara kasar saat menemui Anda di layanan pelanggan. Anda tetap harus berusaha berbicara sopan dan bijak.

Bila Anda merasa ada perasaan pribadi Anda akan terlibat, menjauh sebentar dari meja Anda. Tarik napas panjang dan tenangkan pikiran. Lalu, kembali ke meja Anda dan layani pelanggan dengan baik.

pelanggan, konsumen, tips usaha, bisnis

4. Pengeluh Kronis

Dari sekian banyak pelanggan, pasti ada beberapa yang tidak pernah terpuaskan. Bahkan, mereka berani mencaci-maki dan mengancam.

Untuk mengatasinya, serahkan pada pimpinan atau penyelia layanan Anda. Mereka akan tahu bagaimana cara menghadapi orang-orang seperti ini.

5. Jangan Ulangi Kesalahan

Salah satu hal yang dapat membuat usaha Anda berkembang adalah tahu masalah yang dihadapi pelanggan dan cara mengatasinya. Akan tetapi, bila pelanggan Anda sampai menelepon beberapa kali hanya karena kesalahan yang sama, maka, Anda akan terancam kehilangan pelanggan.

Jadi, jangan sampai mengulangi kesalahan. Kenali kesalahan Anda pertama kali dan perbaiki agar tidak sampai terjadi lagi. Bila Anda menemukan kesalahan yang sama, beritahu pihak penyelia agar diperbaiki sebelum pelanggan Anda menemukan dan mengalami kerugian karenanya.

6. Tegar

Akan ada pelanggan yang menyerang Anda secara pribadi. Mereka bahkan melupakan masalah yang mereka hadapi karena layanan yang diberikan usaha Anda. Disini, dibutuhkan kesabaran dan ketegaran, agar Anda tidak melukai perasaan pelanggan dan diri Anda sendiri.

Bila Anda menemukan pelanggan seperti yang diatas, maka jangan direspon berlebihan. Jangan pula tunjukkan perasaan Anda, seperti sedih, marah atau menyindir tentang pelanggan tersebut. Pelanggan seperti ini akan lebih baik, bila Anda alihkan ke orang yang lebih ahli. Mereka akan dapat menanggapi masalah mereka dari sisi teknis, sehingga, mereka tidak dapat lagi lebih jauh menyerang.

Dengan enam cara diatas, maka dapat dipastikan pelanggan tenang dan Anda dapat mempertahankannya. Hal ini akan berguna untuk masa depan usaha Anda.

pelanggan, konsumen, tips usaha, bisnis

BACA JUGA:

Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Ikuti 4 Kunci Berikut

Pertimbangan Penting Sebelum Memulai Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *