Teropong Bisnis | Homepage
8 Tips Cara Berinvestasi Secara Aman dan Cerdas

8 Tips Cara Berinvestasi Secara Aman dan Cerdas

0 Comments 🕔02.Oct 2013

Jika Anda adalah seorang calon investor, ada baiknya Anda mengetahui cara berinvestasi secara aman dan cerdas agar Anda tidak terjebak dalam berinvestasi. Untuk itu, Anda harus mempunyai pengetahuan yang cukup luas mengenai produk-produk investasi yang ada saat ini. Ada banyak pakar investasi yang menyarankan penerapan langkah-langkah berinvestasi secara cerdas serta aman. Berikut adalah delapan langkah yang bisa Anda ambil dalam berinvestasi supaya Anda tidak terjebak ketika Anda berinvestasi.

1.   Pentingnya Tahu Sebelum Melangkah dalam Berinvestasi

Sebelum Anda melakukan investasi, penting bagi Anda untuk memahami dan memastikan bahwa Anda mengetahui secara garis besar apa tujuan investasi yang Anda lakukan. Sebagai contoh, Anda bisa melakukan investasi demi tujuan pembelian rumah atau pendidikan buah hati Anda.

2.   Pastikan untuk Memilih Investasi yang Realistis

Hal penting yang wajib Anda ketahui dalam berinvestasi yaitu bahwa dalam berinvestasi, hasil dan resiko berjalan beriringan. Dengan kata lain, semakin besar hasil yang Anda inginkan, semakin besar pula resiko yang harus Anda hadapi. Hal inilah yang Anda serta investor-investor lain harus ingat. Oleh karena itu, jika Anda berniat untuk berinvestasi, penting bagi Anda untuk memilih jenis investasi yang realistis yang tentu saja sesuai dengan keuangan serta tujuan investasi yang Anda tetapkan.

3.   Pentingnya Mengaplikasikan Visi Jangka Panjang

Ketika Anda berinvestasi, semakin lama Anda membiarkan investasi Anda, semakin besar pula kesempatan hasil investasi yang Anda harapkan. Itu berarti Anda harus membiarkan waktu membesarkan investasi yang telah Anda buat.

4.   Usahakan Untuk Selalu Disiplin dengan Anggaran

Satu hal penting lain yang harus Anda lakukan jika Anda ingin berinvestasi secara aman dan cerdas yaitu menyeimbangkan dana yang hendak Anda investasikan dengan pendapatan Anda. Selalu pastikan bahwa Anda tidak memainkan dana diatas angka 30% dari seluruh pendapatan Anda dan jangan lupa juga untuk selalu menyisihkan sebagian untuk tabungan.

5.   Pastikan Untuk Selalu Mengendalikan Emosi

Dalam berinvestasi, Anda juga harus bisa mengendalikan emosi dengan cara memahami kapan waktu yang tepat untuk membeli serta kapan harus menahannya. Anda tidak boleh terlalu berharap bahwa Anda dapat meraup keuntungan dalam jumlah yang besar.

6.   Lakukan Diversifikasi

Jika Anda sedang dalam kondisi baik, Anda juga bisa melakukan diversifikasi dalam berinvestasi dengan cara menanamkan modal pada beberapa instrumen investasi. Tujuannya adalah supaya resiko yang ada bisa diperkecil terlebih lagi jika salah satu pasar tiba-tiba melakukan gerakan menurun secara drastis.

7.   Pentingnya Mengenali Bunga Investasi

Untuk berinvestasi secara cerdas dan aman, Anda juga harus tahu cara mengenali bunga investasi yang mungkin Anda raih. Bandingkanlah bunga dari satu jenis investasi dengan bunga yang ditawarkan oleh jenis investasi lainnya.

8.   Selalu Kelola Utang dengan Baik

Dalam berinvestasi, Anda juga harus mengontrol nilai pinjaman supaya lonjakan tidak terjadi. Pastikan jumlahnya tidak di atas 20% dari seluruh pendapatan Anda. Pastikan juga untuk melakukan pembayaran secara teratur karena jumlah bunga pinjaman akan terus berkembang. Ada banyak sekali trik yang bisa Anda lakukan jika Anda ingin berinvestasi secara aman dan cerdas.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *