Teropong Bisnis | Homepage
8 Tips Berwirausaha Dengan Modal Kecil

8 Tips Berwirausaha Dengan Modal Kecil

0 Comments 🕔23.Sep 2013

Salah satu dari kendala seseorang yang kemudian banyak yang mengurungkan niatnya untuk melakukan wirausaha yaitu minimnya dari modal yang dimiliki untuk bisa memulai sebuah bisnis pribadi yang diinginkannya. Menurut pandangan Safir Senduk sebagai perencana keuangan, minimnya modal yang dimiliki seharusnya tidaklah menjadi sebuah penghalang dalam tujuan melakukan wirausaha. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan para calon wirausahawan jika memang mempunyai modal yang kecil.

 Tips yang pertama adalah janganlah meninggalkan profesi yang utama, misalnya Anda masih menjadi salah satu pegawai di kantor. Bisnis pribadi ini sangat memungkinkan untuk dijalankan tanpa harus menghilangkan profesi utama. Penghasilan bulanan yang kita dapatkan dari hasil kerja sebagai pegawai kantor bertujuan untuk modal dari awal kita melakukan sebuah bisnis.

Kedua adalah dengan cara melakukan promosi dari produk yang Anda tawarkan. Menjual produk tersebut dengan harga yang murah atau bahkan dengan gratis di awal memulai bisnis Anda, bisa saja membuat si buyer ini melakukan repeat order dari produk Anda.

Ketiga adalah dengan menjalankan bisnis sesuai dengan keterampilan yang Anda punyai, passion dan juga skill. Anda tentunya sudah mengetahui dari seluk beluk pada bidang minat atau keterampilan yang Anda miliki. Dengan kata lain, Anda pastinya tahu dari mana harus bisa dalam usaha mendapatkan sumber daya yang memang sesuai dengan anggaran yang Anda miliki saat ini.

Keempat adalah dengan membangun baik komunikasi dengan calon buyer yang memang dirasa potensial. Anda sebagai seorang penjual harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi sang konsumen dan sebelum Anda memulai bisnis ada baiknya terlebih dahulu menjalin silaturahmi dengan banyak orang. Hal itu dikarenakan semakin banyak Anda punya koneksi, maka semakin mudah juga Anda mendapatkan pasar atau bahkan mendapatkan bantuan modal.

 Kelima yaitu jalanilah usaha dengan gigih, pantang menyerah dan serius. Apapun dari bentuk usahanya, hasilnya akan selalu didapatkan dengan besar jika Anda menjalankannya dengan sepenuh hati.

Keenam dengan berani mencoba alternatif di dalam menghimpun sumber modal kita. Dana yang kita peruntukkan untuk modal memang sedikit, tetapi tidak ada salahnya jika Anda bisa menginvestasikannya di dalam berbagai bentuk.

Ketujuh yaitu rela mengorbankan tenaga, waktu dan juga pikiran dalam merintis sebuah usaha.

Kedelapan yang terakhir adalah tunjukkanlah rasa ketekunan, komitmen dan motivasi Anda dalam menjalankan bisnis wirausaha. Memulai sebuah hal yang baru memang sangat sulit, terlebih bisnis pribadi. Namun jangan sampai mundur jika ada sebuah masalah, maka nantinya Anda tidak akan mampu jika akan membuka bisnis lain di kemudian hari.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *