Teropong Bisnis | Homepage
8 Kunci Rahasia Mendirikan Tambang Keuntungan di Lokasi Bisnis Yang Tepat

8 Kunci Rahasia Mendirikan Tambang Keuntungan di Lokasi Bisnis Yang Tepat

0 Comments 🕔24.Mar 2014

Lokasi bisnis menjadi salah satu faktor penting penentu kesuksesan. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Setidaknya, ada 8 hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Target Market

Pastikan, lokasi bisnis Anda dekat dengan konsumen yang Anda bidik. Dengan demikian, mereka akan mudah mengunjungi toko Anda. Artinya, peluang mendapatkan keuntungan juga akan semakin besar.

2. Mudah Dilihat

Memilih tempat yang mudah dilihat juga sangat menguntungkan. Selain agar mudah ditemukan, hal ini juga dapat menjadi media promosi yang efektif. Dan, Anda dapat menghemat banyak biaya untuk keperluan promosi ini.

3. Lalu Lintas

Perhatikan lalu lintas di lokasi yang Anda pilih. Hal ini sangat penting, khususnya bila Anda memilih toko yang berdiri sendiri (independent store). Hal ini akan berpengaruh pada jumlah pengunjung toko Anda.

ide usaha, peluang bisnis, lokasi bisnis, tips, rahasia

4. Akses

Kemudahan akses toko Anda juga perlu diperhatikan. Anda perlu melihat jenis jalan, seperti jalan satu arah atau dua arah. Perhatikan pula arah arus orang yang lewat di jalan depan toko Anda, apakah mereka berangkat atau pulang beraktivitas.

5. Jenis Area

Poin ini dapat dikatakan sebagai poin penting dalam penentuan lokasi bisnis Anda. Terdapat dua jenis area yang dapat Anda pilih, yaitu Sharing Area dan Monopoli Area.

Sharing Area adalah lokasi dimana sudah ada bisnis sejenis dengan bisnis yang Anda jalankan. Keuntungan yang didapat, Anda tidak perlu melakukan terlalu banyak promosi. Di lokasi ini, sudah ada konsumen yang siap dijaring. Akan tetapi, Anda harus mampu bersaing dengan bisnis yang lebih dulu berada di lokasi tersebut.

Monopoli Area adalah tempat dimana tidak ada bisnis sejenis dengan bisnis Anda. Keuntungannya, Anda tidak mempunyai kompetitor, sehingga Anda lebih bebas dalam menetapkan harga. Akan tetapi, Anda perlu mengeluarkan waktu dan biaya lebih, untuk promosi.

6. Biaya Sewa

Lokasi bisnis yang strategis mempunyai biaya sewa yang tinggi. Sedangkan, lokasi yang kurang strategis, biaya sewanya cukup rendah. Bila Anda dihadapkan pada pilihan ini, Anda lebih baik memilih lokasi yang strategis. Meskipun biaya sewanya lebih mahal, keuntungan yang Anda dapat juga jauh lebih besar.

7. Legalitas

Selesaikan semua urusan hukum, perizinan dan legalitas untuk menjalankan usaha di lokasi tersebut. Hal ini diperlukan agar Anda tidak menghadapi masalah hukum di masa mendatang.

8. Lingkungan

Perhatikan pula lingkungan sekitar. Pilih lokasi bisnis yang sesuai untuk jenis bisnis Anda. Contohnya, usaha distro di dekat usaha warnet, game atau café.

Dengan menggunakan 8 hal diatas, maka Anda dapat memilih lokasi bisnis yang terbaik. Memang, insting bisnis sangat diperlukan disini dan hal ini akan terasah seiring dengan pengalaman berbisnis Anda. Jadi, bila Anda pemula, perbanyak informasi dan akan lebih baik bila Anda mempunyai mentor. Dengan demikian, peluang sukses di lokasi bisnis yang Anda pilih akan lebih besar.

ide usaha, peluang bisnis, lokasi bisnis, tips, rahasia

BACA JUGA:

3 Cara Menciptakan Pondasi Kuat saat Merintis Bisnis

5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *