Teropong Bisnis | Homepage
8 Kunci Rahasia Membuat Pelanggan Senang

8 Kunci Rahasia Membuat Pelanggan Senang

0 Comments 🕔25.Feb 2014

Pelanggan adalah salah satu unsur terpenting dalam kesuksesan bisnis Anda. Bila Anda dapat menggenggam unsur ini, dipastikan kesuksesan hanya berjarak satu langkah dari Anda. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah membuat pelanggan senang. Anda hanya perlu menyediakan beberapa hal untuk mendapatkan hasil terbaik.

1. Akses

Sediakan akses informasi terbaik untuk pelanggan Anda. Akses informasi yang mudah akan membuat mereka lebih mudah mencari tahu tentang bisnis Anda, seperti ketersediaan produk dan lainnya.

Gunakan segala jenis alat komunikasi untuk memfasilitasi hal ini. Contohnya, Anda dapat menggunakan nomor telepon khusus, SMS, email, Twitter, Facebook dan lainnya.

Pastikan juga, semua akses tersebut aktif. Dan, bila ada pelanggan yang menggunakannya, segera jawab dan beri respon. Bila tidak, pelanggan Anda akan merasa tidak puas dan beralih ke layanan perusahaan lainnya.

2. Kompetensi

Pastikan garis depan bisnis Anda mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang memadai. Karena, orang-orang di garis depan ini yang akan berhubungan langsung dengan pelanggan. Bila Anda memilih mereka yang kompeten di bidangnya, maka mereka dapat memecahkan masalah yang diajukan pelanggan.

Bila Anda tidak memilih orang yang kompeten dalam hal ini, maka akibatnya akan buruk. Masalah pelanggan tidak akan terpecahkan, mereka tidak puas dan akhirnya beralih ke produk lain.

3. Ramah

Sikap ramah juga sangat penting saat menerima pelanggan. Anda pasti juga akan merasa sebal, bila ada pegawai yang menyambut Anda dengan tidak ramah, bukan? Oleh karena itu, keramahan dibutuhkan disini agar pelanggan senang dan puas.

pelanggan senang, customer, pelayanan prima, tips usaha

4. Penuhi Kebutuhan Pelanggan

Pastikan pelanggan Anda puas saat menggunakan produk atau jasa Anda. Jangan sampai, saat mereka memerlukan sesuatu seperti yang Anda tawarkan, Anda tidak dapat menyediakannya.

5. Respon

Beri respon yang baik untuk pelanggan Anda. Pastikan keluhan dan pendapat mereka Anda dengar. Dan, Anda menanggapinya dengan ramah.

6. Cepat

Cepat disini bukan berarti Anda harus terburu-buru melayani pelanggan. Arti cepat disini, Anda harus cekatan saat melayani pelanggan dan minimalkan kesalahan. Dengan begini, pelanggan tidak akan bosan menunggu karena mereka tahu kalau Anda akan melayani mereka.

7. Keamanan

Berikan rasa aman dan nyaman untuk pelanggan Anda saat menggunakan layanan dan produk Anda. Aman dan nyaman disini artinya mereka tidak perlu khawatir saat membelanjakan uang mereka untuk produk dan layanan Anda. Selain itu, pastikan produk Anda juga aman untuk mereka gunakan tanpa menimbulkan efek yang merugikan.

8. Penampilan

Bila Anda mampu menyediakan produk atau layanan dengan kualitas baik, maka penampilan juga harus setara dengan kualitas tersebut. Penampilan yang baik akan membuat pelanggan senang dan nyaman saat menggunakan produk danlayanan Anda. Hal ini termasuk tata desain tempat usaha Anda, desain kemasan produk, kebersihan alat dan lainnya.

pelanggan senang, customer, pelayanan prima, tips usaha

BACA JUGA:

Menggenjot Bisnis Online Menggunakan Email Marketing

6 Jurus Jitu Memulai Bisnis Online Secepat Kilat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *