Teropong Bisnis | Homepage
7 Tips Memulai Usaha Tanpa Khawatir Akan Modal

7 Tips Memulai Usaha Tanpa Khawatir Akan Modal

🕔09.Nov 2013

Anda ingin memulai usaha tetapi tidak cukup modal? Coba tips memulai usaha untuk mahasiswa tanpa modal besar berikut ini.

  1. Rekan Yang Lebih Mampu

Bila Anda mempunyai teman yang lebih mampu secara finansial, anda dapat mengajak teman anda untuk berbisnis bersama. Syaratnya, Anda harus pandai menarik simpati teman Anda. Dan, jangan juga lupakan, bisnis yang akan Anda mulai sudah Anda rencanakan secara matang dan yakin akan menghasilkan.

  1. Berbisnis Bersama

Anda dapat mengajak banyak teman anda untuk patungan memulai usaha. Pastikan pembagian modal dan pendapatan jelas. Pisahkan teman anda yang berkontribusi secara langsung dan mereka yang hanya menanamkan modal tanpa ikut terlibat dalam usaha tersebut.

Buat perjanjian diawal tentang bagi hasil yang merata dan adil. Dan, pastikan semua menyepakati perjanjian tersebut. Perhitungkan juga bila ada teman anda yang keluar dari kerjasama ini.

  1. Kerja Sampingan untuk Modal

Anda dapat mencari kerja sampingan dan hasilnya murni untuk modal usaha anda. Atau, anda gunakan hasilnya untuk kebutuhan sehari-hari, dan bila ada sisa, anda bisa menggunakannya sebagai modal.

Ada banyak jenis kerja sampingan yang bisa Anda lakukan, seperti pengajar, asisten, proyek dosen dan lainnya. Pastikan Anda juga memilah antara keuangan untuk modal usaha dan kebutuhan pribadi, agar anda lebih muda menghitung keuntungan dan kerugian usaha Anda.

  1. Organisasi atau Inkubasi Bisnis

Anda dapat bergabung dengan inkubasi bisnis untuk memulai usaha anda. Syaratnya, buat proposal bisnis yang meyakinkan agar mampu menarik investor untuk menanamkan modal di usaha anda.

Ada banyak keuntungan yang anda dapat dari cara ini. Pertama, anda mendapatkan modal dan tempat usaha dengan mudah. Tetapi, ada beberapa bagian keuntungan yang harus anda setorkan ke investor. Selain itu, Anda juga mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang akan sangat berguna untuk usaha Anda.

Banyak usaha pemula yang berkembang dan sukses dari cara ini. Dan, bila Anda merasa usaha Anda sudah besar dan mandiri, Anda dapat keluar dari inkubasi bisnis ini.

  1. Seminar Kewirausahaan

Seminar dapat menjadi tempat dimana Anda bertemu dengan orang yang mempunyai tujuan yang sama dengan Anda. Selain itu, banyak investor yang berkumpul di seminar kewirausahaan. Jadi, disini, ada kemungkinan besar Anda mendapatkan modal dari investor tersebut dan juga pengetahuan untuk mendapatkan modal usaha.

  1. Ajak Sang Dosen

Dosen tentunya mempunyai keadaan finansial lebih baik dan jaringan yang lebih luas daripada anda. Jadi, ajak dosen anda, tetapi lakukan pembagian pendapatan yang adil. Usahakan, posisi anda sama atau lebih dari dosen saat bekerjasama dalam bisnis ini. Jangan sampai dosen menjadi pemilik dan Anda hanya karyawan.

  1. Gunakan Unit Kegiatan

Bila anda mengikuti beberapa kegiatan di kampus, pasti ada saatnya dimana ada acara penggalangan dana, seperti dengan menjual makanan atau lainnya. Anda bisa menggunakan kegiatan ini sebagai bisnis anda.

Jadi, kuncinya disini adalah ulet. Jangan terburu-buru dan ingin cepat untuk dan balik modal. Anda harus bersabar dan tekun. Evaluasi juga bisnis anda agar anda dapat memajukan usaha Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan