Teropong Bisnis | Homepage
7 Magnet untuk Menarik Konsumen

7 Magnet untuk Menarik Konsumen

0 Comments 🕔09.Dec 2013

Banyak orang berpikir bahwa menarik konsumen sama seperti melempar alat pancing saat memancing. Anda hanya harus menunggu. Tetapi Tom Hopkins, konsultan untuk superior sales training Tom Hopkins International, mengatakan bahwa tempat melempar kail dan pemilihan umpan juga penting disini. Artinya, Anda tidak boleh hanya menunggu, tetapi juga berusaha agar konsumen Anda tertarik.

7-Magnet-untuk-Menarik-Konsumen-2

Tom mengungkapkan, ada cara untuk menarik konsumen, seperti:

1.  Profil Konsumen Anda

Contoh profil konsumen

-       Usia 25 – 35 tahun

-       Sudah menikah

-       Tempat tinggal masih dalam radius 8 km dari tempat usaha Anda

-       Memiliki anak usia sekolah

-       Berkendara setidaknya 48 km per minggunya.

Untuk mengetahui profil seperti yang dicontohkan diatas, Anda perlu memperhatikan 3 konsumen setia Anda. Ketahui persamaan diantara mereka, dan Anda akan menemukan informasi profil seperti yang disebutkan diatas.

2.  Gambarkan Konsumen Anda

Dari profil diatas, Anda dapat menggambarkan lebih jauh tentang konsumen Anda, seperti remaja, wirausahawan, perempuan usia matang dan lainnya. Dari sini, Anda dapat menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik konsumen.

3.  Jangkau Konsumen

Setelah mengetahui gambaran konsumen Anda, selanjutnya Anda perlu menjangkau mereka. Pilih tempat yang banyak mereka kunjungi, seperti bila ibu rumah tangga, mereka pasti sering mengunjungi pasar, minimarket, sekolah dan lainnya. Gunakan tempat ini untuk mempromosikan usaha Anda, seperti dengan brosur, flyer, poster dan lainnya.

4.  Jangkau Konsumen (Khusus)

Khusus disini berarti tempat dimana Anda mempromosikan usaha Anda tidak sebebas jenis konsumen lainnya. Contohnya, bila konsumen Anda perempuan berpenghasilan tinggi, mereka akan sering mengunjungi restoran mewah, klinik kecantikan danlainnya.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat mencoba dengan membuat mailing list untuk member tempat-tempat khusus tersebut. Atau, cari papan yang tempat tersebut sediakan untuk iklan. Selain itu, masih banyak cara lainnya yang dapat Anda gunakan. Yang perlu diingat, Be Creative!

5.  Dekat dengan Konsumen Anda

Cara yang paling mudah adalah mengetahui nama-nama konsumen Anda. Anda dapat langsung memintanya atau menanyakan dari teman mereka yang juga menjadi konsumen Anda.

7-Magnet-untuk-Menarik-Konsumen-1

6.  Bonus

Untuk menarik konsumen, Anda juga dapat menawarkan bonus untuk konsumen Anda yang dapat membawa teman mereka untuk menjadi konsumen baru usaha Anda. Atau, dapat disebut pula bonus member get member.

Kuncinya disini adalah memberikan bonus yang benar-benar bermanfaat untuk konsumen Anda. Jadi, konsumen Anda akan lebih bersemangat untuk mengajak konsumen baru.

7.  Kerjasama

Anda juga dapat bekerjasama dengan jenis usaha lain untuk mempromosikan usaha Anda. Contohnya, Anda bekerjasama dengan kedai kopi, dan bila ada konsumen mereka membeli produk mereka, mereka akan mendapatkan voucher dari usaha Anda. Jadi, akan terjadi simbiosis mutualisme disini, dimana pihak yang Anda ajak kerjasama akan mendapatkan keuntungan, dan Anda juga mendapatkan promosi dari mereka.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *