Teropong Bisnis | Homepage
6 Tips Menciptakan Menu Makanan Sensasional

6 Tips Menciptakan Menu Makanan Sensasional

🕔13.Nov 2013

Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, manusia selalu membutuhkannya. Dalam kacamata bisnis, hal ini berarti peluang besar untuk dijadikan sebuah usaha. Produk makanan akan selalu dibutuhkan dan pengusaha akan selalu mendapatkan konsumen.

Salah satunya adalah usaha kuliner. Restoran atau rumah makan menjadi salah satu bisnis kuliner yang sangat menguntungkan. Tetapi, untuk menjadikan bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan dan sukses, ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Menu makanan adalah salah satunya.

Pemilihan menu makanan sangat penting disini. Jadi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, untuk menyajikan menu makanan yang tepat untuk restoran Anda.

1.  Penentuan Menu

Untuk menentukan menu makanan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Anda tidak hanya memilih menu makanan, karena menu makanan tersebut mewah dan lezat. Anda juga harus melihat segmen pasar yang Anda inginkan dan sesuaikan menu dengan segmen pasar Anda.

2.  Perencanaan Menu

Untuk merencanakan menu yang akan Anda hidangkan, perlu perencanaan yang matang dan mendetail. Memang, pasar bisnis ini sangatlah besar. Tetapi, saat ini pembeli makin pintar dan selektif dalam memilih restoran yang mempunyai reputasi baik pada menu makanannya.

Jadi, bukanlah hal yang aneh bila Anda menggunakan jasa konsultan. Bahkan, cara ini dapat membantu Anda untuk merencanakan menu yang tepat.

3.  Konsep Menu

Konsep menu makanan yang Anda usung akan sangat dipengaruhi oleh kondisi konsumen Anda. Anda perlu mengetahui keinginan, kebutuhan dan kondisi konsumen.

4.  Tim Tangguh

Untuk menentukan menu, dibutuhkan kerjasama tim yang kuat. Jadi, chef, manajer restoran dan Anda sebagai pemilik perlu bekerjasama untuk menentukan nama menu. Dan chef disini memegang peranan penting. Chef akan menentukan stadarisasi mutu masakan, seperti rasa, bentuk, banyak porsi dan lainnya.

5.  Cita Rasa

Rasa masakan adalah yang paling penting karena hal ini akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Dan, cita rasa ini datang dari kombinasi dan konsep menu makanan yang Anda hidangkan di restoran atau rumah makan Anda.

Dalam hal ini, chef akan mempunyai tanggung jawab besar dalam menentukan konsep menu makanan yang akan menghadirkan cita rasa tinggi. Dan, bila berhasil dan cita rasa makanan restoran Anda disukai oleh konsumen, maka mereka akan setia dan kembali ke restoran Anda.

Bahkan, cara ini juga dapat membantu promosi restoran Anda. Konsumen Anda akan merekomendasikan restoran Anda, bila mereka terpuaskan.

6.  Variasi Menu

Anda perlu memberikan variasi menu pada waktu tertentu. Contohnya, ada menu khusus pada hari-hari atau momen-momen tertentu. Selain agar konsumen Anda tidak bosan dengan memberikan nuansa dan cita rasa yang berbeda, cara ini juga baik untuk promosi restoran Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan