Teropong Bisnis | Homepage
6 Kunci Penting dalam Memulai Bisnis Waralaba

6 Kunci Penting dalam Memulai Bisnis Waralaba

0 Comments 🕔15.Dec 2013

Saat ini, bisnis waralaba sudah mewabah dimana-mana. Hal ini dikarenakan cara waralaba adalah salah satu cara termudah untuk mengembangkan bisnis, khususnya untuk pengusaha kecil dan menengah. Bisnis waralaba ini juga diatur oleh undang-undang, yaitu pada Peraturan Pemerintah Nomer 42 Tahun 2007.

Bila Anda juga ingin mewaralabakan usaha anda, Anda perlu mempunyai 6 hal berikut, seperti yang diatur pada PP Nomor 42 Tahun 2007 pasal 3.

1. Ciri Khas Usaha

Usaha Anda harus berbeda atau mempunyai ciri khas yang membedakan dengan usaha sejenis lainnya. Tentunya, perbedaan ini artinya ada keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh usaha Anda. Hal ini akan menjadi daya tarik untuk para konsumen.

Contohnya, bila Anda bergerak dalam bisnis kuliner, Anda perlu mempunyai resep istimewa, tempat dengan konsep unik, cara penyajian yang lain daripada yang lain dan sebagainya.

2. Keuntungan

Anda juga harus mempunyai pengalaman menjalankan usaha Anda setidaknya 5 tahun. Dan dalam 5 tahun tersebut, Anda juga harus mampu mengatasi semua permasalahan yang dihadapi oleh usaha Anda.

Selain itu, usaha Anda harus berada dalam kondisi yang baik dan stabil. Hal ini dapat dilihat dari perolehan keuntungan usaha Anda. Bila dari hal ini diperoleh adanya trend positif, maka, Pemerintah akan mengeluarkan izin untuk mewaralabakan usaha Anda.

bisnis waralaba

3. Standarisasi Pelayanan dan Produk Secara Tertulis

Seperti kebanyakan bisnis waralaba, mitra usaha akan diberikan penjelasan mengenai standar operasional atau SOP saat menjalankan bisnis waralaba tersebut. Anda sebagai pemberi waralaba harus membuat standar pelayanan dan produk Anda secara tertulis. Hal ini diwajibkan agar mitra usaha Anda dapat lebih mudah menjalankan usaha mereka seperti seharusnya.

4. Mudah Diajarkan dan Diaplikasikan

Karena pada dasarnya bisnis waralaba adalah untuk menarik orang lain untuk menjadi mitra usaha, maka akan ada pelatihan mengenai pelayanan atau produk anda. Dan, disini, Anda harus mempunyai cara untuk membuat mitra usaha Anda ini mudah memahami dan mengaplikasikan standar operasional usaha Anda. Khususnya bila mitra usaha Anda tidak mempunyai pengalaman yang cukup dalam bidang yang Anda geluti.

5. Dukungan

Anda juga diwajibkan memberikan dukungan secara berkelanjutan kepada mitra usaha anda. Memang, saat seseorang membeli hak waralaba, dia bertanggung jawab menjalankan usaha tersebut. Tetapi, Anda sebagai pemberi waralaba harus membantu agar tercipta hubungan mutualisme dalam bisnis.

6. Hak Cipta

Anda harus melindungi usaha Anda dengan payung hukum sebelum menjadikannya bisnis waralaba. Patenkan teknologi, merek produk, nama, logo dan lainnya agar usaha Anda terhindar dari masalah di masa mendatang, khususnya bila Anda ingin mewaralabakannya. Anda dapat mengunjungi situs Direktorat Jendral HKI di DGIP.com untuk informasi lebih jelas mengenai pendaftaran hak kekayaan intelektual ini.

Jadi, 6 hal diatas sangat penting untuk diperhatikan. Dengan begitu, Anda dapat mewaralabakan usaha Anda tanpa masalah.

 bisnis waralaba

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *