Teropong Bisnis | Homepage
6 Cara Jitu Meraih 100% Crowdfunding

6 Cara Jitu Meraih 100% Crowdfunding

0 Comments 🕔30.Jun 2014

Ada banyak cara untuk menguatkan pendanaan perusahaan Anda. Salah satunya adalah dengan cara crowdfunding. Salah satu program crowdfunding tersukses adalah Web Smith dan Kevin Lavelle dari perusahaan Mizze+Mein yang bergerak dibidang garmen. Mereka membuat pakaian pria dengan fitur anti kusut dan anti keringat.

Yang paling menarik, kampanye crowdfunding dari perusahaan ini berhasil mendapatkan 100% pendanaan dari masyarakat. Berikut beberapa langkah yang dilakukan perusahaan ini untuk sukses dalam program crowdfunding mereka yang dilakukan di situs Kickstarter pada 5 Februari yang lalu.

Merek

Sebelum menjalankan crowdfunding, Mizze+Mein mempunyai branding yang cukup kuat. Hal ini memperbesar peluang sukses dalam program ini. Memang, ada perusahaan yang tidak membutuhkan merek yang kuat untuk melakukan crowdfunding, tetapi hanya sejumlah 0,001% dari proyek yang ada.

Untuk memperkuat merek dagang Anda, Anda dapat membangun wesite yang dapat diakses dan sudah melayani penjualan produk kepada pelanggan. Buat juga logo yang bagus dan mudah diingat. Selain itu, Anda harus aktif berkomunikasi dengan pelanggan, melalui banyak media, seperti email atau media sosial, dan terima saran dari mereka.

Basis Pelanggan

Mungkin Anda berpikir bahwa crowdfunding adalah cara untuk membangun basis pelanggan bisnis Anda. Hal ini sangatlah salah. Bahkan, bila Anda melihat dari halaman FAQ Kickstarter, Anda akan menemukan bahwa dana yang masuk sebagian besar berasal dari teman atau orang yang sudah tahu produk Anda.

Jadi, dengan mempunyai basis pelanggan yang kuat, maka Anda akan lebih mudah mendapatkan dana. Dan, situs crowdfunding dapat Anda gunakan sebagai alat paling efektif untuk memasarkan produk Anda.

Jaringan

Seperti saat menjalankan bisnis, program crowdfunding juga akan lebih berhasil bila Anda mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Oleh karena itu, sangatlah penting membangun jaringan bisnis.

cara3

Target yang Realistis

Jangan memasang target pendanaan yang terlalu besar. Contohnya saat menggunakan crowdfunding di Kickstarter, banyak orang memasang target yang terlalu besar. $10,000, $40,000 bahkan $100,000 sangat tidak realistis.

Kickstarter sendiri mengungkapkan hanya ada 55,8% proyek yang sukses. Dan, 48,95% dari proyek yang sukses tersebut mempunyai target $19,999 atau kurang. Sedangkan 41,18% memasang target $9,999 atau kurang. Artinya, target yang lebih dari $10,000 mempunyai peluang lebih kecil untuk sukses memperoleh pendanaan.

Produk

Produk Anda juga harus tepat. Produk yang menarik dan mampu memecahkan masalah secara efektif akan berpeluang besar dalam progam ini.

Video Promosi

Banyak orang membuat video promosi di program crowdfunding Kicstarter atau Indiegogo secara ala kadarnya. Hal ini tidak akan menarik orang. Buat video yang benar-benar menarik. Bila tidak mempunyai dana yang cukup, Anda dapat meminta bantuan mahasiswa bidang ini atau belajar otodidak.

Anda dapat melakukan langkah-langkah diatas untuk program crowdfunding di semua situs crowdfunding. Program Anda akan lebih efektif, sukses dan Anda akan mendapatkan 100% pendanaan yang Anda inginkan.

cara1

BACA JUGA:

Kebiasaan yang Menjadikan Anda Pebisnis Sukses

Jenis Bisnis Untuk Karyawan yang Mudah dan Menguntungkan

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *