Teropong Bisnis | Homepage
6 Biang Keladi Pembuat Pelanggan Kabur

6 Biang Keladi Pembuat Pelanggan Kabur

🕔16.Nov 2013

Tidak mendapatkan pelanggan adalah masalah paling besar yang bisa Anda dapatkan saat menjalankan bisnis anda. Banyak faktor internal yang menjadi penyebab masalah ini. Sayangnya, banyak pengusaha yang enggan melihat kelemahan bisnis mereka sendiri untuk mengatasi masalah ini.

Jadi, bila Anda saat ini sedang menghadapi masalah diatas, mungkin Anda  perlu melihat ke dalam bisnis Anda sendiri. Dan, mungkin, Anda akan menemukan 6 penyebab pelanggan kabur dari produk Anda berikut ini.

1. Tidak Mengetahui Pelanggan Anda

Yang dimaksud disini adalah Anda tidak mengetahui pelanggan Anda secara detail, yaitu hubungan antara manfaat produk Anda dan kebutuhan pelanggan anda. Hal inilah yang menyebabkan pelanggan kabur dan enggan membeli atau menggunakan produk Anda.

Solusinya adalah survey. Ketahui dengan jelas apa yang menjadi minat konsumen dan kebutuhan mereka. Selanjutnya, Anda harus menyesuaikan produk Anda sesuai dengan data yang Anda dapat.

2. Penempatan Merek Yang Tidak Sesuai

Dengan data dari survey saja tidak cukup untuk mendatangkan pelanggan. Anda juga harus tahu tempat yang pas dalam pasar yang Anda bidik untuk menempatkan merek anda. Banyak pengusaha yang salah dalam memperkenalkan merek mereka. Hasilnya, merek produk mereka tidak cukup kuat untuk menarik perhatian konsumen.

3. Tidak Fokus

Mempunyai banyak usaha sangatlah baik untuk menambah pengetahuan dan pengalaman Anda. Akan tetapi, usaha banyak tidak akan menghasilkan, bila Anda tidak mempunyai rencana yang jelas. Meskipun ada satu usaha yang menghasilkan, hasilnya tidak akan semaksimal saat Anda fokus pada satu usaha.

Jadi, Anda memerlukan rencana yang jelas. Gunakan semua perhatian dan energi Anda untuk satu kegiatan usaha untuk memaksimalkan peluang dan potensi yang dimilikinya.

4. Tidak Peka Terhadap Keinginan Pelanggan

Banyak pengusaha yang tidak mau mendengarkan dan memperhatikan apa yang diutarakan pelanggan. Hal ini sangatlah salah. Dengan mendengarkan dan memperhatikan permasalahan pelanggan, Anda dapat memberikan produk atau layanan Anda sebagai solusi yang akan menjadi peluang usaha. Bila Anda tidak memperhatikan hal tersebut, maka segala macam promosi tidak akan menarik perhatian konsumen anda.

5. Tidak Tahu Dimana Lokasi Konsumen

Saat ini, media sosial menjadi ajang kumpul banyak orang. Anda dapat menggunakan media online ini untuk menempatkan iklan dan strategi promosi anda. Target Anda adalah konsumen yang melihat iklan Anda dan melakukan transaksi.

6. Tidak Stabil

Seringkali pengusaha melakukan uji pasar dan menemukan produknya direspon baik. Dan, mereka mengembangkan hasil ini secara terus menerus. Tetapi, beberapa waktu kemudian, jumlah penjualan menurun dan jauh dari harapan.

Oleh karena itu, Anda perlu terus mengadakan uji pasar ini secara rutin untuk mengetahui permintaan pasar anda. Jangan pula ikut dengan tren pola produk sesaat.

Dengan melihat 6 masalah diatas, maka Anda akan dapat mengatasi masalah pelanggan kabur anda. Kembangkan rencana yang efektif dan pemasaran yang baik, maka usaha Anda akan berkembang dan sukses.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan