Teropong Bisnis | Homepage
5 Trik Khusus Menghadapi Komplain Pelanggan

5 Trik Khusus Menghadapi Komplain Pelanggan

0 Comments 🕔15.Jun 2014

Layanan konsumen melalui telepon atau customer service merupakan salah satu fitur penting dalam bisnis. Hal ini dikarenakan, layanan ini akan mempermudah pelanggan dalam mendapatkan informasi mengenai produk atau bisnis Anda. Layanan ini juga menjadi tempat pelanggan untuk mengemukakan kritik mereka terhadap layanan atau produk Anda. Jadi, Anda dapat menggunakannya sebagai sumber terbaik untuk mengevaluasi bisnis Anda.

Namun, ada kalanya komplain pelanggan ini diberikan dengan cara yang tidak baik.  Pelanggan sering komplain dengan kata-kata kasar dan bersuara keras saat menelepon layanan konsumen bisnis Anda. Bila Anda menuruti emosi Anda, Anda mungkin ingin menutup saja bila ada pelanggan semacam ini. Atau, bahkan Anda ingin membalas mereka dengan kata-kata yang lebih kasar.

Sebenarnya, membalas atau tidak merespon pelanggan seperti ini sangatlah tidak tepat. Anda berpeluang besar akan kehilangan pelanggan. Tetapi, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi situasi ini dengan baik. Masalah pelanggan yang komplain pun akan dapat terselesaikan dengan cepat.

1. Tenang

Anda harus tenang dan mendengarkan apa yang disampaikan pelanggan, meskipun dengan cara yang tidak baik. Tetaplah profesional.

2. Batas

Jangan jadikan profesionalisme Anda lebih penting dari harga diri. Anda juga harus menetapkan batas dimana pembicaraan dan  komplain pelanggan sudah terlalu kasar dan tidak baik. Peringatkan dengan baik pelanggan Anda. Bila mereka tidak mau berhenti, Anda dapat menghentikan percakapan Anda dengan pelanggan.

kompalian pelanggan, pelanggan, customer, wirausaha, bisnis

3. Cairkan Situasi

Minta maaf kepada pelanggan dan jelaskan pula cara menyampaikan keluhan mereka. Minta mereka agar tenang, karena bila menyampaikan keluhannya dengan tenang, Anda akan dapat memberikan solusinya.

4. Pemecahan Masalah

Jangan biarkan percakapan ini berlaru-larut. Ambil kendali percakapan dan tujukan langsung pada pemecahan masalah dengan pertanyaan singkat. Contohnya, “Maaf, apa yang bisa kita lakukan untuk Anda?” Cara ini dapat membuat pelanggan harus mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka dan mengenai masalah dengan bisnis nda.

5. Perjelas Masalah Pelanggan

Setelah tenang, Anda dapat mulai mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang dihadapi pelanggan. Dengan menemukan masalah ini, pembicaraan Anda akan dapat langsung menuju ke arah solusi yang dibutuhkan. Dan, berikan mereka solusi, semisal, Anda dapat menyarankan mereka untuk berbicara kepada supervisor. Atau, mengatur jadwal pertemuan untuk lebih memperjelas permasalahan sehingga solusi dapat Anda berikan.

Cara diatas akan dapat membuat pelanggan merasa nyaman. Mereka akan merasa bahwa Anda benar-benar berusaha membantu mereka. Hal inilah yang dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis, layanan maupun produk Anda. Dengan mereka percaya pada Anda, keuntungan besar pasti Anda dapat.

Jadi, bila ada komplain pelanggan jangan takut untuk menanggapinya. Bila Anda mampu memecahkan masalah pelanggan ini, hal ini dapat menjadi salah satu cara promosi yang efektif untuk bisnis Anda.

kompalian pelanggan, pelanggan, customer, wirausaha, bisnis

BACA JUGA:

7 Jalan Mengikat Kepercayaan Pelanggan untuk Bisnis Online

3 Tips Buang Masalah Laman Produk Yang Habis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *