Teropong Bisnis | Homepage
5 Tips Memanfaatkan Peluang Usaha untuk Bisnis Servis Ponsel

5 Tips Memanfaatkan Peluang Usaha untuk Bisnis Servis Ponsel

0 Comments 🕔28.Mar 2016

Tahukah Anda saat ini peluang usaha di bidang servis ponsel cukup meningkat, seiring dengan munculnya vendor handphone yang beraneka ragam? Bagi Anda yang memiliki keahlian maupun kemampuan di bidang elektronik tentu hal tersebut bisa menjadi peluang yang memberi keuntungan sangat besar, namun bagaimana dengan pengusaha penjual ponsel yang ingin memulai bisnis di bidang servis? Jika Anda termasuk orang yang ingin memanfaatkan peluang usaha di bidang yang sama, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan seperti:

Kelengkapan peralatan

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan saat Anda ingin membuka tempat jual beli handphone yang dilengkapi dengan servis adalah kelengkapan peralatan. Anda perlu menyiapkan alat-alat check dan reparasi mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Kelengkapan peralatan reparasi yang Anda miliki, secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan reparasi, terlebih ketika hasil perbaikan yang Anda berikan pada konsumen sangat memuaskan.

Keahlian servis handphone

Hal kedua yang perlu Anda persiapkan adalah keahlian untuk servis perangkat ponsel. anda tentu tahu sekarang ini alat komunikasi tidak hanya sebatas handphone atau smartphone tetapi juga tablet. Jika Anda ingin usaha servis yang Anda rintis berkembang, Anda harus memiliki keahlian servis yang handal dan jika bukan Anda sendiri yang menangani servis, pastikan pegawai yang Anda percaya memiliki keahlian yang umumnya dibuktikan dengan sertifikasi pelatihan.

Lokasi usaha

Saat Anda ingin mendalami peluang usaha di bidang servis ponsel, Anda harus pintar memilih lokasi usaha yang sekiranya menguntungkan dan strategis. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menyewa outlet didalam pusat perbelanjaan atau outlet yang terletak dekat dengan perkantoran, sehingga banyak konsumen yang akan berkunjung ke tempat Anda saat mereka membutuhkan jasa servis yang profesional.

Budget modal

Hal berikutnya yang bisa Anda kalkulasi sebelum membuka usaha servis adalah budget modal yang harus Anda alokasikan sesuai lokasi usaha. Jika Anda memilih memiliki toko yang terletak di pinggir jalan besar atau dekat dengan komplek perkantoran, Anda harus mulai memikirkan budget yang dibutuhkan untuk sewa tempat, membeli alat-alat servis, menggaji karyawan (bila ada), membayar listrik, air, dan telpon.

Jenis layanan

Saat Anda ingin menjalani peluang usaha di bidang servis ponsel, Anda perlu menyediakan layanan yang sesuai dengan kemampuan pribadi. Anda bisa menyediakan layanan servis menyeluruh yang berkaitan dengan sparepart, software, dan hardware selain jual beli handphone atau hanya menyediakan salah satu jenis servis seperti hanya melayani perbaikan software. Semakin banyak jenis layanan yang Anda berikan akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Namun untuk menjaga kepercayaan pelanggan, jangan lupa untuk selalu memberikan deadline pengerjaan servis dan pengontrolan kinerja yang menyeluruh sebelum ponsel diserahkan kembali ke konsumen.

Peluang Usaha

Similar Articles

Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Bisnis

Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Membangun Bisnis 0

Tidak ada batasan siapa yang bisa menjadi pengusaha. Anda tidak perlu gelar sarjana, banyak uang

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *