Teropong Bisnis | Homepage
5 Strategi Manjur Menghadapi Fluktuasi Permintaan Konsumen

5 Strategi Manjur Menghadapi Fluktuasi Permintaan Konsumen

0 Comments 🕔20.May 2014

Apakah bisnis Anda sedang sepi saat ini? Bila ya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab hal ini terjadi. Seperti, saat ini, permintaan akan layanan atau produk Anda sedang menurun.

Hal diatas wajar dan sering terjadi di dalam dunia bisnis. Selalu ada fluktuasi permintaan dan penawaran. Akan tetapi, bukan berarti Anda menyerah dengan keadaan ini. Anda perlu melakukan sesuatu, karena bila tidak, hal ini dapat berdampak buruk bagi bisnis Anda.

Yang Anda perlukan adalah strategi khusus untuk menghadapi fluktuasi ini. Banyak jenis strategi yang dapat Anda gunakan, agar usaha Anda tetap berjalan, meskipun ada fluktuasi permintaan konsumen. Berikut beberapa diantaranya.

Karyawan Paruh Waktu

Pada saat permintaan konsumen naik, Anda dapat mempekerjakan karyawan paruh waktu. Strategi ini dapat menghemat banyak biaya. Jadi, saat permintaan turun, bisnis Anda tidak mengalami masalah.

Akan tetapi, strategi karyawan paruh waktu hanya dapat digunakan untuk bisnis yang tidak terlalu membutuhkan keahlian khusus, seperti toko pakaian. Anda dapat menggunakan karyawan paruh waktu, saat permintaan naik, seperti Natal, Lebaran dan Tahun Baru.

Sewa Fasilitas dan Peralatan Tambahan

Untuk meningkatkan efektifitas dalam pelayanan, banyak bisnis menggunakan alat tambahan saat periode sibuk. Memang, hal ini menjadi salah satu solusi. Akan tetapi, biaya yang dikeluarkan akan bertambah.

Untuk mengatasi hal ini, Anda tidak perlu membeli peralatan tambahan tersebut. Cukup dengan menyewanya dan menggunakannya saatfluktuasi permintaan konsumen berada di puncak.

konsumen, tips bisnis, wirausaha, ide bisnis, peluang usaha

Rencanakan Aktivitas saat Permintaan Turun

Permintaan pelanggan yang menurun bukan hanya membawa dampak buruk. Bila Anda mampu merencanakan aktivitas yang Anda lakukan pada masa ini, maka Anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Contohnya, renovasi bangunan, liburan, pelatihan dapat Anda jadwalkan saat masa permintaan pelanggan turun.

Pelatihan Silang untuk Karyawan

Disarankan agar karyawan Anda memperoleh banyak jenis pelatihan, agar mereka dapat melakukan banyak hal. Jadi, bila pada masa permintaan pelanggan naik, Anda dapat memanfaatkan mereka. Contohnya, ketika bagian kasir menghadapi banyak pelanggan dan bagian persediaan tidak terlalu sibuk, Anda dapat memanfaatkannya. Anda dapat menggunakan karyawan bagian persediaan ini untuk membantu karyawan bagian kasir.

Partisipasi Pelanggan

Anda juga perlu meningkatkan partisipasi pelanggan dalam layanan Anda. Contohnya, Anda dapat menerapkan sistem customer self-service atau melayani diri mereka sendiri. Seperti, pelanggan dapat mengambil makanan atau minuman mereka sendiri yang mereka pesan. Atau, pelanggan dapat mengambil barang-barang yang akan mereka beli.

Pada dasarnya, dengan strategi yang tepat, maka fluktuasi permintaan konsumen tidak akan mempengaruhi bisnis Anda. Bahkan, Anda dapat memanfaatkan hal ini menjadi pendorong untuk meraih banyak keuntungan. Akhirnya, Anda dapat meraih target Anda, seperti yang Anda rencanakan di awal memulai bisnis.

konsumen, tips bisnis, wirausaha, ide bisnis, peluang usaha

BACA JUGA:

Inilah Cara Mempertahankan SDM yang Berkualitas dalam Bisnis

Ini Cara Menentukan Gaji Bos yang Tepat

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *