Teropong Bisnis | Homepage
5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

5 Resep Praktis Mengatur Waktu dalam Bisnis

0 Comments 🕔23.Mar 2014

Produktivitas adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Bila Anda dapat mengoptimalkannya, maka, kesuksesan akan menanti Anda. Selain itu, dengan mengatur produktivitas dalam menjalankan bisnis Anda, Anda juga dapat menghindari berbagai macam masalah.

Bila kita berbicara mengenai produktivitas, maka kita membicarakan mengenai waktu. Memang, mengatur waktu sebagai seorang pengusaha tidak mudah dilakukan. Ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar usaha Anda berjalan lancar.

Tetapi, yang perlu Anda ingat, dengan mengatur waktu secara tepat, Anda dapat melakukan semua hal tersebut secara efektif. Artinya, Anda meningkatkan peluang keberhasilan saat melakukan hal-hal tersebut. Dan, bila Anda menerapkannya saat menjalankan usaha Anda, maka, usaha Anda akan dapat berkembang.

Ada beberapa resep praktis yang dapat Anda ikuti, untuk mengatur waktu Anda.

1. Jadwal

Anda perlu membuat jadwal tentang kegiatan Anda, setidaknya selama sepekan. Dan, yang paling penting, patuhi jadwal tersebut. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah melakukan semua hal yang Anda rencanakan. Akan sangat membantu, bila Anda ingin mengadakan pertemuan bisnis atau semacamnya.

ide bisns, wirausaha, resep, mengatur, bisnis

2. Skala Prioritas

Saat membuat jadwal, tentukan pula skala prioritas kegiatan Anda. Dengan menempatkan kegiatan, pembicaraan dan pertemuan yang paling penting diatas, maka Anda akan mempunyai peluang lebih besar untuk berhasil.

3. Bagi Waktu

Setidaknya, gunakan 50% waktu Anda untuk pembicaraan dan pertemuan dengan mitra bisnis Anda. Hal ini dikarenakan sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda.

4. Konsentrasi

Dalam mengatur waktu untuk kegiatan bisnis Anda, hal ini dapat dikatakan yang paling penting. Anda harus bebas dari berbagai macam gangguan, agar hasil yang didapat juga memuaskan. Bila perlu, Anda dapat memasang tanda “Harap Tidak Mengganggu” saat Anda bekerja.

Ada banyak macam gangguan yang perlu Anda hindari, seperti media sosial, telepon dan lainnya. Pastikan saja, bila hal-hal tersebut memang tidak dibutuhkan dalam bisnis Anda. Tetapi, bila Anda membutuhkannya dan menggunakannya, maka tetap beri waktu untuk hal-hal tersebut.

5. Penyela Waktu

Sediakan juga waktu untuk para penyela waktu ini. Hal ini diperlukan, karena mungkin dari sini Anda mendapatkan hal yang berguna untuk bisnis Anda.

Hal-hal yang disebutkan diatas sepertinya sulit untuk dilakukan. Padahal, bila Anda mau, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan bahkan menjadikannya kebiasaan Anda. Anda bahkan hanya perlu menyisihkan 30 menit setiap hari untuk menyusun rencana untuk mengatur waktu tersebut. Dan, biasanya Anda hanya memerlukan 5 menit untuk menentukan hasilnya.

Yang perlu Anda ingat, Anda adalah manusia. Oleh karena itu, sediakan waktu pula untuk Anda sendiri dan keluarga. Hal ini akan mempengaruhi suasana hati dan pikiran Anda. Bila hati dan pikiran Anda nyaman, maka menjalankan bisnis pun akan lancar.

ide bisns, wirausaha, resep, mengatur, bisnis

BACA JUGA:

Investasi dengan Modal Minim? Bisa!

Panduan dan Tips Menjalankan Bisnis Mainan Anak-Anak

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *