Teropong Bisnis | Homepage
5 Rahasia Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis, 100% Berhasil

5 Rahasia Meningkatkan Omset dan Keuntungan Bisnis, 100% Berhasil

0 Comments 🕔23.Oct 2013

Anda ingin meningkatkan omset dan keuntungan bisnis Anda? Berikut ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Tapi, cara-cara berikut hanya cocok untuk bisnis yang besar, jadi cara-cara ini tidak bisa diaplikasikan pada bisnis UKM. Cara-cara ini juga didapat dari teori-teori dan cara-cara yang disampaikan oleh Pak Tung DW, Jay Abraham, Brad Sugars, Jay Conrad Levinson dan Roger Konopasek.

Berikut cara meningkatkan keuntungan dan omset bisnis Anda yang juga dikenal dengan ilmu “street smart”.

1.     Perbanyak Prospek (Leads)

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan prosepek anda. Anda bisa menggunakan iklan, bukan cabang, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh memperbanyak prospek (leads).

Anda mempunyai sebuah toko di mal dan jumlah orang yang tidak sengaja masuk ke toko anda adalah 1000 orang. Maka, prospek anda adalah 1000. Bila anda menyebarkan brosur di depan mal dan dari brosur tersebut ada 100 orang lagi yang masuk ke toko anda, maka prospek Anda akan meningkat menjadi 1100.

2.     Perbanyak Konversi (Conversion)

Konversi adalah jumlah prospek yang membeli produk yang anda jual. Jadi, bila sebelumnya prospek anda adalah 1000, maka bila ada 250 dari jumlah tersebut yang membeli, maka konversi anda adalah 250 atau 25% dari jumlah prospek yang anda miliki.

Untuk menaikkan konversi ada banyak cara yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memberikan garansi atau jaminan purna jual pada konsumen. Atau, Anda memberikan bonus semacam gratis pengiriman dan lain sebagainya untuk meningkatkan keuntungan dan omset bisnis Anda.

3.     Tingkatkan Jumlah Transaksi

Anda bisa menaikkan jumlah transaksi dengan berbagai cara. Anda bisa memberikan bonus, poin, voucher dan lainnya untuk pelanggan anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah transaksi atau pembelian yang terjadi di toko anda per hari, minggu atau bulan.

4.     Tingkatkan Jumlah Rata-Rata Pembelian

Setelah meningkatkan jumlah transaksi, anda juga perlu meningkatkan jumlah rata-rata pembelian. Paling mudahnya, Anda bisa ambil contoh saat membeli makanan di McDonalds.

Saat membeli satu menu, anda akan ditawari oleh pelayan untuk membeli produk lainnya, seperti tambah French fries, atau tambah ukuran menjadi large atau medium, atau eskrim atau waffle dan seterusnya.

Untuk memperoleh jumlah rata-rata pembelian, anda bisa melakukannya dengan mudah. Contoh, bila omset Anda 1 juta per hari dan terjadi 50 transaksi, maka rata-rata pembelian adalah Rp. 20.000.

5.     Tingkatkan Margin Keuntungan

Caranya, bila harga pokok produk Anda adalah Rp.750 dan anda jual seharga Rp.1000 maka Anda untung Rp. 250 atau 25% (Rp.250 : Rp.1.000). Bila Anda naikkan harga jual sebesar Rp.100 menjadi Rp. 1.100 maka margin keuntungan Anda menjadi 32% atau naik 7%.

Berikut contoh detail meningkatkan keuntungan dan omset dengan formula diatas.

Sebelum:

Prospek 1000 x Konversi 25% = 250 Orang Konsumen x 2 Transaksi x Rata-rata Transaksi Rp. 20.000 = Total Omset Rp. 10.000.000 x 25% Margin Keuntungan = Laba Rp. 2.500.000.

Bila anda ingin menaikkan 10% untuk setiap point Business Chasis, maka

Sesudah:

Prospek 1100 x Konversi 27,5% = 302 Orang Konsumen x 2,2 Transaksi x Rata-rata Transaksi Rp. 22.000 = Total Omset Rp. 14.616.800 x 27,5% Margin Keuntungan = Laba Rp. 4.019.620.

Hasilnya anda memperoleh laba sebesar Rp. 1.519.620 atau 61%.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *