Teropong Bisnis | Homepage
5 Rahasia Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Konsumen

5 Rahasia Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Konsumen

0 Comments 🕔27.Nov 2013

Menaikkan harga menjadi salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis anda. Akan tetapi, banyak pengusaha yang takut kehilangan pelanggan.

Bila Anda mengalami hal ini, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan saat melakukan penaikan harga. Dengan demikian, maka Anda tidak akan kehilangan pelanggan.

1. Persamaan Nilai

Menurut, Peter Kozodoy , CEO GEM Advertising, perhatikan persepsi konsumen saat menentukan nilai suatu produk. Hal ini akan menjadi indikator harga yang lebih kuat.

Anda juga perlu menjelaskan dengan logis dan detail mengenai nilai produk Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan kehilangan pelanggan dan Anda mendapatkan rasa hormat dari mereka.

2. Pelanggan Ideal

Menurut, Mark A. Lack , Pendiri dan CEO dari The Peak Performance Klub , LLC, dalam bisnis, 80% pendapatan Anda berasal dari 20% pelanggan ideal. Jadi, dengan menaikkan harga, anda akan menyingkirkan 80% pelanggan Anda yang bermasalah.

Menurut Jay Abraham, saat menaikkan harga, Anda harus melihat kualitas layanan yang anda berikan. Mungkin Anda tidak perlu memperbaiki kualitas layanan internal Anda. Tapi, Anda perlu menaikkan kualitas layanan eksternal untuk meningkatkan kelas dan persepsi bisnis Anda.

Jay juga menambahkan bahwa jangan hanya bergantung pada diskon. Menaikkan harga adalah cara untuk membuat bisnis Anda bertahan.

3. Transparan Dengan Perubahan Harga

Menurut, Carolyn Rodz , CEO Mentor Market selalu jujur mengenai alasan anda menaikkan harga. Jelaskan semuanya, seperti meningkatnya harga bahan baku atau hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan anda dan lainnya.

Anda perlu melakukan klarifikasi ini kepada pelanggan ideal anda dan juga media sehingga anda mendapatakan dukungan mereka. Sehingga, bila ada orang bereaksi negatif terhadap hal ini, maka masih ada pendukung di belakang Anda. Para pendukung Anda akan menyadari dan menerima kenaikan harga yang Anda lakukan.

4. Masukan Pelanggan

Menurut, Matt Shoup , pemilik dan CEO dari M & E Lukisan Anda harus mempertahankan hubungan baik Anda dengan pelanggan Anda. Oleh karena itu, selalu meminta pendapat dari mereka tentang kenaikan harga yang Anda lakukan.

Bila mereka setuju, maka tidak akan menjadi masalah. Tetapi, bila pelanggan Anda tidak setuju, dengarkan juga alasan mereka mengapa mereka tidak setuju, berapa harga yang adil atau wajar dan  lain sebagainya. Pastikan juga Anda mempertimbangkan biaya tetap yang harus Anda keluarkan untuk menjalankan bisnis Anda.

5. Meningkatkan Nilai yang Dirasakan Bersama dengan Harga

Menurut, Josh Kattenberg , Owner Real Manajemen Properti Express, saat menaikkan harga, anda juga harus menaikkan nilai perseptual dari produk Anda. Hal ini agar pelanggan Anda juga merasa bahwa mereka mendapatkan nilai yang sama atau bahkan lebih dari harga yang Anda pasang. Hal ini pula yang membuat mereka rela dan setuju dengan harga baru yang Anda gunakan untuk produk Anda.

Yang perlu Anda cermati, saat menaikkan nilai perspetual, bukan berarti biaya produksi yang harus Anda keluarkan juga meningkat. Bisa saja, peningkatan biaya produksi Anda sedikit. Tetapi, karena harga produk Anda naik, maka keuntungan yang Anda dapat juga menjadi jauh lebih besar.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *