Teropong Bisnis | Homepage
5 Langkah Menguatkan Magnet Penarik Pelanggan Setia

5 Langkah Menguatkan Magnet Penarik Pelanggan Setia

0 Comments 🕔17.Jun 2014

Kesuksesan sebuah bisnis dipengaruhi oleh banyak faktor. Pelanggan adalah salah satunya, khususnya pelanggan setia. Pelanggan setia adalah pelanggan yang akan selalu kembali dan menggunakan produk Anda, apapun yang terjadi. Mereka inilah yang menjadi penyumbang terbesar keuntungan perusahaan Anda.

Karena faktor diatas pulalah, sangatlah penting untuk mempertahankan pelanggan setia Anda. Akan lebih baik lagi, bila Anda mampu menarik pelanggan setia lebih banyak. Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan setia. Seperti, Anda harus memberikan produk berkualitas, layanan Anda kepada pelanggan harus memuaskan dan lainnya.

Tetapi, ada 5 hal yang perlu diperhatikan, agar semua cara untuk menarik pelanggan setia tersebut dapat berhasil.

1. Kebutuhan Pelanggan

Mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan mampu menyediakannya adalah kunci penting untuk mendatangkan pelanggan setia. Anda dapat melakukan survey, penelitian, mendengarkan opini pelanggan dan lainnya. Data yang didapat digunakan untuk evaluasi dan meningkatkan layanan bisnis Anda.

Selain itu, kebutuhan pelanggan akan berubah seiring waktu. Anda harus mempu mengatasi hal ini dengan menyediakan layanan atau produk yang beragam. Contohnya, seorang nasabah bank, saat awal memakai jasa Anda, mereka mungkin hanya akan membuka tabungan. Tetapi, seiring berjalannya waktu, mereka akan membutuhkan kartu kredit, pinjaman, investasi untuk pension dan lainnya.

pelanggan setia, customer, menjaga pelanggan, bisnis pemula

2. Pengalaman

Pelanggan harus mendapatkan pengalaman terbaik saat menggunakan layanan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Contohnya, saat pelanggan memesan produk Anda, memberikan masukan atau mencari informasi mengenai bisnis Anda. Disini perlu diperhatikan bagaimana karyawan Anda menanggapi kebutuhan pelanggan agar mereka mendapatkan pengalaman terbaik.

MyCustomer.com juga menjelaskan pentingnya hal ini. Bahkan, Anda harus mencatat pengalaman mereka setiap kali mereka berkomunikasi dengan Anda. Hal ini perlu dilakukan agar semua kebutuhan pelanggan setia Anda terpenuhi.

3. Kepuasan

Pelanggan yang puas mempunyai dampak besar bagi bisnis Anda di masa depan. Bahkan, ada penelitian yang menemukan 61% pelanggan yang puas akan selalu menggunakan produk Anda. Dan, mereka juga akan menyarankan kepada orang lain untuk memakai produk Anda.

4. Komunikasi

Ciptakan komunikasi yang baik dan berkelanjutan dengan pelanggan Anda. Hal ini dapat membuat mereka setia dan selalu menggunakan produk Anda.

Jangan berhenti berkomunikasi, saat mereka sudah membeli produk Anda. Anda juga harus menindaklanjuti hal ini, dengan menyediakan layanan tambahan, memastikan bahwa mereka puas dan lainnya. Intinya, jaga selalu komunikasi Anda dengan pelanggan, dekatkan diri Anda dengan pelanggan maka mereka akan setia kepada produk Anda.

5. Penghargaan

Beri penghargaan kepada pelanggan setia Anda. Anda dapat memberikan diskon, layanan tambahan dan lainnya. Cara ini dapat mempertahankan loyalitas mereka dan membuat mereka tetap menggunakan produk Anda dalam waktu yang lama.

pelanggan setia, customer, menjaga pelanggan, bisnis pemula

BACA JUGA:

5 Trik Khusus Menghadapi Komplain Pelanggan

3 Solusi Memilih Yang Terbaik dari Ribuan Ide Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *