Teropong Bisnis | Homepage
5 Langkah Jitu untuk Mendapatkan Respon Positif Konsumen

5 Langkah Jitu untuk Mendapatkan Respon Positif Konsumen

0 Comments 🕔30.Nov 2013

x Pendapat dari konsumen dapat dikatakan sebagai poin penting untuk kemajuan bisnis. Dengan mengetahui apa yang mereka pikirkan, Anda dapat menemukan kelebihan dan kelemahan yang ada di usaha Anda. Dengan demikian, Anda dapat memperbaikinya dan memberikan layanan terbaik untuk konsumen di masa mendatang.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda dapat membuat rencana layanan konsumen yang menampung semua aspirasi dari konsumen anda. Bila Anda ingin mendapatkan respon positif konsumen, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Perwakilan Layanan Konsumen

Agar konsumen Anda puas, pilih seorang pegawai untuk menangani layanan konsumen ini. Terima dan catat dengan jelas semua keluhan dari konsumen Anda dengan program atau sistem yang Anda punya.

Saat memasukkan informasi dari konsumen, usahakan menyampaikan permasalahan mereka dengan jelas. Dan, yang paling penting, sampaikan pula bahwa masalah mereka sudah terpecahkan.

Bila ada surat keluhan atau permintaan dari konsumen, segera balas. Hal ini perlu dilakukan untuk penghematan biaya jangka panjang. Selain itu, Anda juga perlu mengawasi manajer dan pegawai Anda, agar masalah yang didapati konsumen tidak terjadi lagi.

2.   Sudut Pandang Pegawai

Lakukan survei kepada pegawai Anda untuk mengetahui secara langsung pendapat mereka mengenai hubungan perusahaan Anda dengan konsumen. Dari survei ini, Anda akan dapat menemukan masalah yang terjadi, seperti pembeli yang menyulitkan, masalah keuangan dan lainnya. Dan dari sini, Anda dapat memperbaiki beberapa aspek dan memilih bagian mana yang membutuhkan layanan konsumen yang lebih daripada yang lainnya.

3. Survei Konsumen

Buat juga survei untuk konsumen Anda. Gunakan hal ini untuk mengetahui pengalaman mereka dalam menggunakan produk Anda. Tanyakan juga tentang sikap dan kualitas staf dalam melayani mereka. Yang lebih penting, jangan mengulang-ulang hal yang ditanyakan dan buat survei yang mudah dijawab untuk mendapatkan respon positif konsumen.

4.  Buat Konsumen Senang

Anda perlu berinteraksi secara teratur dengan konsumen Anda dan perlakukan mereka seperti teman. Tanyakan pula pengalaman mereka saat menggunakan produk dan layanan Anda. Dan, yang paling penting, beri mereka semua informasi yang mereka butuhkan mengenai produk yang mereka inginkan.

Dengan informasi ini, Anda dapat menjadikannya dasar untuk membuat perubahan dalam perusahaan Anda secara menyeluruh.

5. Diskusi Masalah Konsumen

Anda dapat membuat divisi khusus untuk layanan konsumen. Adakan juga rapat secara rutin, untuk membahas semua masalah dan keluhan dari konsumen. Dan, temukan juga solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah ini.

Gunakan dan evaluasi survei yang Anda buat sebelumnya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penyelesaian masalah konsumen ini. Setelah semua perbaikan dilakukan, lakukan survei kembali. Hal ini diperlukan untuk menemukan apakah konsumen Anda sudah puas dan Anda mendapatkan respon positif konsumen dengan perubahan produk atau layanan Anda.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *