Teropong Bisnis | Homepage
5 Kunci Rahasia, Sukses Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang

5 Kunci Rahasia, Sukses Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang

0 Comments 🕔02.Jul 2014

Saat ini, berbelanja online sedang populer. Hal ini dikarenakan berbelanja dengan cara ini dirasa lebih mudah, aman dan murah. Dalam bisnis online yang menyediakan cara berbelanja ini, ada banyak hal yang sangat penting. Salah satunya adalah jasa pengiriman barang.

Saat berbelanja online pembeli tidak datang langsung ke toko, melainkan memesan melalui internet, maka jasa pengiriman barang sangat diperlukan. Dan, karena cara berbelanja ini sedang populer saat ini, bisnis jasa pengiriman barang menjadi sangat menjanjikan. Bila Anda tertarik untuk mencobanya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Daerah Operasi dan Alat Transportasi

Untuk memulai bisnis jasa pengiriman barang, Anda harus menentukan daerah operasi Anda. Daerah operasi ini akan mempengaruhi jenis alat transportasi yang Anda gunakan.

Bila daerah operasi Anda adalah dalam kota atau daerah pusat bisnis, sepeda motor dapat menjadi pilihan terbaik. Alat transportasi ini akan mudah digunakan untuk daerah-daerah ramai dan sempit.

Akan tetapi, bila daerah operasi Anda bukan daerah pusat kota atau Anda melayani pengiriman antar kota, mobil adalah pilihan terbaik. Mobil dapat digunakan untuk melayani daerah yang luas. Dan, bila Anda mempunyai daerah operasi yang luas, maka keuntungan yang didapat juga tinggi.

Artinya, sepeda motor dapat Anda pilih sebagai pemula. Setelah bisnis Anda berkembang, Anda dapat membeli mobil untuk melayani daerah operasi yang lebih luas.

Jenis Barang

Jenis barang yang Anda dapat kirimkan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Bila Anda mampu mengirimkan banyak jenis barang, maka bisnis Anda akan semakin mudah berkembang dan sukses.

Jenis barang juga mempengaruhi cara dan alat pengiriman. Contohnya, bila Anda melayani pengiriman dokumen dan paket kecil, Anda membutuhkan alat penyimpan yang baik, seperti tas anti air. Untuk pengiriman makanan dan paket yang lebih besar, Anda membutuhkan tempat yang tepat, seperti mobil box dengan pendingin.

Biaya

Sebelum memulai bisnis jasa pengiriman barang, rancang dulu biaya layanan Anda. Contohnya, biaya standar pengiriman, biaya ekstra, batasan pengiriman barang dan lainnya. Hal ini dapat Anda gunakan untuk menentukan jenis bisnis pengiriman barang yang ingin Anda bangun.

Anda juga dapat memberikan potongan biaya kepada pelanggan saat memulai bisnis. Hal ini diperlukan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Tetapi, Anda harus memberikan layanan yang terbaik, dengan demikian pelanggan akan terpuaskan dan kembali menggunakan layanan Anda.

Legalitas

Selesaikan semua hal mengenai perizinan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah di masa depan.

Promosi

Promosikan bisnis Anda ke banyak orang, mulai dari keluarga, teman dan orang lain. Beri kartu nama, pasang iklan di papan pengumuman dan lainnya. Membuat website dengan tampilan profesional juga dapat membantu. Pastikan isi website memberikan informasi yang sangat jelas mengenai perusahaan maupun layanan yang Anda berikan.

2.5 Kunci Rahasia, Sukses Memulai Bisnis Jasa Pengiriman Barang 3

BACA JUGA:

5 Tips Jitu Meraih Untung Besar dari Hobi Penghasil Rupiah

Diskusi Kewirausahaan untuk Masyarakat Indonesia Lebih Sejahtera

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *