Teropong Bisnis | Homepage
5 Jurus Tingkatkan Efektivitas Promosi Dari Mulut Ke Mulut

5 Jurus Tingkatkan Efektivitas Promosi Dari Mulut Ke Mulut

0 Comments 🕔07.Jan 2014

Untuk sukses dalam bisnis, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Promosi merupakan salah satunya. Dapat dikatakan, promosi merupakan garis depan sebuah bisnis. Bila Anda mampu memaksimalkan hal ini, bukan tidak mungkin, jalan kesuksesan bisnis Anda akan terbuka lebar.

Ada banyak jenis promosi yang dapat Anda gunakan untuk usaha Anda. Salah satunya adalah cara promosi paling tradisional, yaitu promosi dari mulut ke mulut.

Meskipun dikatakan tradisional, ternyata, promosi jenis ini merupakan salah satu yang paling efektif. Selain itu, promosi jenis ini tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Bahkan, bila Anda mampu memuaskan pelanggan Anda, maka Anda dapat menggunakan cara ini secara gratis.

Hal yang terpenting dalam promosi dari mulut ke mulut adalah pelanggan Anda. Untuk membuat mereka mau menjadi agen promosi ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Sampel

Beri pelanggan Anda sampel dari produk atau layanan Anda. Dan pastikan Anda memberikan yang terbaik sama saat Anda menjual produk atau layanan Anda. Dengan cara ini, mereka akan puas, memberitahu orang lain dan memberikan rekomendasi yang positif untuk produk Anda.

2. Dekat dengan Pelanggan

Minta opini dari pelanggan Anda dan dengarkan apa kata mereka. Cara ini akan membuat pelanggan Anda merasa penting dan dihargai. Dan, opini mereka ini dapat Anda tampung sebagai bahan evaluasi.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan mereka informasi terbaru mengenai perusahaan Anda. Contohnya, informasi tentang event dari perusahaan Anda, produk baru dan lainnya.

promosi, tips promosi, promosi usaha, bisnis

3. Forum

Anda juga dapat membuat sebuah forum, bisa pertemuan sederhana atau forum online. Libatkan juga orang yang berpengaruh di dalam forum tersebut. Bila mereka menyebarkan rekomendasi positif tentang usaha Anda, maka pelanggan Anda akan mudah percaya. Dan, mereka akan menggunakan produk yang Anda sediakan.

4. Layanan Istimewa

Slogan “Pelanggan adalah Raja” mungkin sangat tepat diterapkan disini. Anda memang perlu memperlakukan pelanggan seistimewa mungkin. Hal ini akan membuat mereka selalu ingin menggunakan produk Anda.

Mereka akan membagikan pengalaman menyenangkan ini kepada orang lain. Dari sini, promosi dari mulut ke mulut akan berjalan lancar.

Contoh nyatanya adalah Starbucks. Memang, harga kopi mereka mahal, sekitar 30 ribu sampai 40 ribu. Tetapi, yang membuat mereka terkenal bukanlah kopi mereka. Mereka berusaha mengingat nama semua pelanggan mereka, sehingga pelanggan merasa nyaman. Oleh karena itu, banyak pelanggan mereka yang membayar mahal untuk membeli produk mereka.

5. Hubungan Baik

Pertahankan hubungan baik Anda dengan pelanggan. Beri mereka bonus, informasi dan lainnya agar hubungan baik ini tetap terjaga. Selain membuat mereka setia, cara ini juga dapat memaksimalkan promosi dari mulut ke mulut yang Anda lakukan.

promosi, tips promosi, promosi usaha, bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *