Teropong Bisnis | Homepage
5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

0 Comments 🕔26.Apr 2016

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku bisnis terkendala dengan biaya iklan yang harus dikeluarkan. Bila mereka mengeluarkan terlalu besar, maka hal ini akan membebani perusahaan. Tetapi, bila terlalu kecil, maka bisnis yang mereka miliki akan kurang dikenal.

Anda sebenarnya dapat mengatasi masalah ini dengan mengatur anggaran untuk iklan bisnis. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan.

Presentase Penjualan atau Keuntungan

Anda dapat menemukan rasio presentase biaya iklan yang digunakan perusahaan-perusahaan dari berbagai sumber, seperti majalah bisnis dan sejenisnya. Dari sini, Anda dapat menentukan presentase yang sesuai dengan penjualan dari bisnis yang Anda jalankan.

Mengapa tidak keuntungan? Hal ini sangat beresiko, karena saat jumlah keuntungan Anda menurun, maka presentase biaya iklan Anda juga ikut menurun. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagaimana posisi produk atau layanan Anda dalam pasar, bila promosi yang dilakukan tidak sesuai dengan kondisi bisnis.

Untuk jenis penjualan yang dapat Anda jadikan patokan, terdapat 3 jenis yang dapat digunakan, yaitu:

  • Penjualan tahun lalu atau rata-rata penjualan tahun-tahun sebelumnya.
  • Proyeksi penjualan akan datang.
  • Gabungan dua jenis penjualan diatas.

Unit Penjualan

Pada metode ini, Anda menggunakan jumlah produk yang akan Anda jual untuk menentukan biaya iklan yang harus Anda keluarkan. Misalnya, bila Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100 ribu untuk menjual 1 produk, maka bila target Anda menjual 100 produk, Anda harus mengeluarkan biaya Rp. 10 juta.

Metode ini akan sangat efektif untuk Anda yang menjual produk atau layanan yang dipengaruhi oleh faktor luar, seperti cuaca, musim dan sejenisnya. Untuk produk atau layanan yang dijual secara sporadis, metode ini tidak terlalu efektif.

Biaya Iklan

Tujuan dan Tugas

Metode ini dapat memberikan informasi biaya iklan yang lebih detail. Namun, cara ini juga terbilang sangat sulit untuk dilakukan. Anda membutuhkan waktu, tenaga serta keahlian untuk melakukan survei dan penelitian, untuk informasi yang akurat demi menentukan presentase biaya iklan yang tepat.

Hal ini lalu Anda hubungkan dengan tujuan utama dari iklan yang akan Anda lakukan, misalnya iklan untuk pasar anak muda. Dan, tugas diberikan pada orang yang sesuai dengan kemampuannya.

Penaglokasian Anggaran

Setelah Anda memilih metode yang Anda gunakan, Anda dapat mengalokasikan anggaran untuk memaksimalkan strategi promosi bisnis Anda. Setidaknya ada 5 bagian yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Anggaran departemen
  • Anggaran total
  • Periode kalender
  • Media
  • Daerah Penjualan

Memulai

Setelah memilih metode dan menentukan pengalokasian anggaran iklan Anda, maka hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah memulainya. Dengan menggunakan rencana yang sudah Anda susun, maka biaya iklan yang tepat dan jelas akan Anda dapatkan.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut

Trik Memulai Bisnis Tanpa Rasa Takut 0

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali tantangan yang harus Anda atasi sebelum memulai bisnis. Tidak

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *