Teropong Bisnis | Homepage
5 Cara Jitu Investasi Kecil dan Simpel Terus Tumbuh dan Besar

5 Cara Jitu Investasi Kecil dan Simpel Terus Tumbuh dan Besar

🕔10.Nov 2013

Investasi diperlukan agar uang Anda terus berkembang. Tetapi, hanya dengan menabung di Bank dan mengharapkan bunga, uang anda tidak akan memberikan keuntungan. Dilain sisi, investasi di pasar saham sangat menjanjikan, tetapi, melihat keadaan beberapa waktu yang lalu, banyak orang berpikir dua kali saat melakukan hal ini.

Memang, bila tidak hati-hati, maka, anda dapat merugi besar saat berinvestasi di pasar saham. Tetapi, ada beberapa tips berikut ini yang akan membantu anda untuk membuat investasi anda tumbuh subur dan berkembang.

  1. Melampaui Iflasi

Faktor inflasi sangatlah penting dalam investasi jangka panjang. Hal ini akan mempengaruhi daya beli investasi Anda.

Bila Anda melihat laporan Bank Indonesia, bulan Agustus 2013, inflasi yang terjadi mencapai 8,79% dan bulan Juli 2013 sebesar 8,61%. Dengan laporan ini, maka bila Anda berinvestas di Bank BUMN Deposito dengan bunga 5,46% per tahun atau Bank Swasta non-devisa dengan bunga 7,21%, maka anda akan rugi.

Investasi reksadana dapat menjadi pilihan utama. Memang, nilai saham sangat fluktuatif dan ini adalah investasi yang beresiko. Tetapi, anda juga berpeluang mendapatkan keuntungan besar.

  1. Diversifikasi

Disini, Anda harus menanamkan uang ke beberapa aset berbeda, seperti saham, emas, properti dan surat utang. Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah mengatur resiko dan kerugian. Jadi, bila ada salah satu aset yang mengalami kerugian, masih ada aset lain yang akan menopang investasi anda. Dengan demikian, investasi anda dapat berjalan lebih lama.

  1. Investasi Tepat

Investasi yang sesuai dengan Anda akan memberikan Anda kemudahan dalam berinvestasi. Ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih, seperti saham, obligasi, deposito dan lainnya.

Anda juga dapat memilih investasi berdasarkan tingkat resiko dan keuntungannya. Contohnya, deposito, obligasi, reksadana dan saham dengan saham sebagai investasi dengan resiko paling tinggi, tetapi memiliki keuntungan yang terbesar.Investasi dengan Modal Kecil

Saat berinvestasi, jangan gegabah. Anda dapat memulainya dari investasi dengan modal kecil dan peforma baik dan terjamin hingga 5 sampai 10 tahun terakhir. Selain untuk mencegah kerugian, cara ini juga baik untuk pembelajaran berinvestasi.

Anda juga dapat berkonsultasi kepada broker-broker untuk berinvestasi yang tepat. Selain itu, anda dapat membaca artikel seperti yang terdapat di DompetPintar atau buku seperti buku Jangan Coba-coba Main Saham sebelum Baca Buku Ini! karya Joko Salim, S.Kom, SE, CFP.

  1. Monitor Investasi

Bila Anda memonitor investasi anda terlalu sering, maka Anda akan mudah merasa takut. Anda perlu ingat, bahwa Anda berinvestasi untuk jangka panjang. Anda dapat memonitor investasi anda setiap bulan, dengan demikian anda akan dapat memutuskan dengan tepat mengenai investasi Anda. Dan jangan lupa, anda berinvestasi untuk jangka panjang, jadi, waktu untuk menggunakan uang investasi Anda  masih 10, 20 atau 30 tahun lagi.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan