Teropong Bisnis | Homepage
4 Tips Sukses Investasi Saham dari Warren Buffet-nya Indonesia

4 Tips Sukses Investasi Saham dari Warren Buffet-nya Indonesia

0 Comments 🕔01.Dec 2013
Investasi saham dapat dikatakan sebagai penunda lapar sekarang, tetapi di masa depan Anda akan kekenyangan. Memang, investasi saham dikenal sebagai investasi paling menguntungkan. Bahkan, Anda dapat meraih keuntungan hingga 6.000%.Akan tetapi, prinsip investasi juga bekerja pada investasi saham. Bila ada keuntungan besar di belakang, maka Anda harus menghadapi resiko yang juga besar di depan. Prinsip ini lebih dikenal dengan sebutan high return high risk.

Tapi, bila Anda ingin berinvestasi saham, Anda mungkin dapat mencermati apa yang disampaikan oleh Lo Kheng Hong ini. Beliau adalah investor saham handal yang juga dikenal dengan ‘Warren Buffet-nya Indonesia”.

1. Jangan Takut Rugi

Menurut Lo Kheng Hong, saat berinvestasi saham Anda tidak boleh takut rugi. Dia mencontohkan dirinya sendiri saat berinvestasi pada suatu perusahaan, dan ternyata nilai saham perusahaan tersebut turun. Meskipun merugi, Lo tetap menyimpan saham tersebut sampai nilai saham tersebut naik dan memberinya keuntungan.

2. Saham dengan Prospek Bagus

Investor yang sudah berkutat di dunia investasi saham selama 24 tahun ini juga menyarankan agar Anda memilih dengan benar saham yang ingin Anda beli. Pilih saham dengan prospek bagus dan cari perusahaan yang dapat bertahan terhadap kondisi ekonomi makro.

Dia juga mencontohkan saat  dia membeli saham PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN). Dia membelinya saat harga saham perusahaan ini masih Rp. 400 per lembar. Dan, saat ini, harga saham perusahaan ini mencapai Rp. 3.725. Artinya, dia berhasil mendapatkan capital gain sebesar 6.000%.

Lo juga mengatakan bahwa bila Anda membandingkan investasi saham dengan investasi produk lainnya, seperti emas, properti dan lainnya, tidak ada yang mampu memberikan capital gain sebesar ini. Tidak juga banyak orang tahu besarnya keuntungan ini. Menurut dia, bila semua orang tahu, niscaya semua orang akan mencoba berinvestasi di pasar modal.

3. Sektor Yang Tepat

Anda juga harus memilih sektor industri yang tepat untuk investasi saham anda. Saat ini, sektor konsumer, otomotif, kontruksi dan lainnya dapat dikatakan sedang naik. Anda dapat mencoba investasi di sektor ini. Mengapa?

Sebagian besar orang menggunakan produk dari industri di sektor-sektor tersebut. Contohnya, bila ada orang ingin makan mi, merkea menggunakan produk dari perusahaan publik, sikat gigi atau naik mobil pun demikian. Jalan tol yang Anda lewati juga berasal dari perusahaan publik. Bahan pembuatannya seperti semen dan lainnya, juga berasal dari perusahaan publik.

Jadi, kalau Anda pandai membaca situasi ini, Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Belajar

Lo menutup dengan tips terakhir yaitu belajar. Setidaknya, Anda harus membaca 6 jam perhari, menelepon 1-2 jam dan sisanya berpikir. Anda harus membaca laporan keuangan perusahaan dimana Anda ingin berinvestasi dengan teliti. Hal ini akan memudahkan Anda memilih perusahaan yang tepat dan investasi saham Anda akan berjalan sukses.

 

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *