Teropong Bisnis | Homepage
4 Sari Penting Pengenalan Produk Baru

4 Sari Penting Pengenalan Produk Baru

0 Comments 🕔03.Mar 2014

Dalam dunia bisnis, ada banyak faktor yang mempunyai peranan penting dalam menentukan kesuksesan Anda. Salah satunya adalah produk yang Anda buat dan pasarkan. Kualitas produk merupakan hal utama. Tetapi, jangan juga lupakan proses yang perlu Anda lakukan untuk mengenalkan produk ini.

Mengetahui proses pengenalan produk ini sangatlah penting. Banyak pemilik usaha yang mengalami kerugian, karena mereka tidak tahu tentang hal ini. Mereka sering salah menerapkan strategi bisnis mereka, pada tahap pengenalan produk baru yang tidak sesuai.

Proses pengenalan produk baru ini dapat dibedakan menjadi 4 tahap, yaitu:

1. Awareness

Tahap ini adalah tahap paling awal. Pelanggan Anda, masih awam mengenai produk baru yang coba Anda kenalkan. Mereka sudah tertarik dengan inovasi dari produk baru Anda. Namun, informasi yang mereka punya mengenai produk baru Anda masih sangat sedikit.

Pada tahap ini, Anda harus mengantisipasinya dengan memberikan informasi sebanyak-banyaknya dan selengkap-lengkapnya kepada pelanggan. Pastikan juga, penyebaran informasi ini sesuai dengan target pasar Anda.

2. Interest

Setelah pelanggan tertarik dengan inovasi yang Anda terapkan pada produk baru Anda, mereka akan mulai mencari informasi lebih banyak. Pada tahap ini, diperlukan sambutan yang tepat dari Anda dengan memberikan kemudahan mendapatkan informasi tersebut.

tips promosi, product knowledge, konsumen, tips usaha

3. Evaluation

Tahap ini dapat dikatakan sebagai tahap terpenting dalam proses pengenalan produk baru. Hal ini dikarenakan, bila Anda berhasil dalam tahap ini, maka Anda akan mendapatkan pelanggan baru.

Pada tahap ini, pelanggan Anda sudah mengetahui lebih jelas tentang produk baru Anda. Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, mereka sudah mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan.

Yang dilakukan pelanggan pada tahap ini adalah mempertimbangkan. Apakah mereka akan menggunakan produk baru Anda atau tidak.

Pada tahap ini, Anda harus memberikan mereka kesempatan para pelanggan untuk mencoba produk baru Anda. Tetapi, ada satu hal penting yang perlu Anda ingat. Produk baru yang akan dicoba oleh pelanggan Anda haruslah mempunyai kualitas yang sesuai dengan yang pelanggan inginkan. Dengan demikian, pelanggan Anda akan puas.

4. Adoption

Tahap ini merupakan tahap paling akhir yang menentukan kepuasan pelanggan Anda. Setelah tahap ujicoba sebelumnya, pelanggan akan memutuskan untuk menggunakan produk Anda.

Tugas Anda sebagai pemilik usaha adalah mempertahankan kualitas produk Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk mempertahankan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap produk baru Anda.

Bila Anda sudah mengetahui 4 tahap pengenalan produk baru diatas, maka Anda dapat menerapkan strategi yang tepat. Artinya, peluang untuk sukses dengan produk baru Anda akan jauh lebih tinggi. Tetapi, jangan pula lupakan tugas Anda sebagai seorang pemilik usaha. Anda harus terus mengembangkan produk Anda, menciptakan produk baru agar usaha Anda semakin berkembang.

tips promosi, product knowledge, konsumen, tips usaha

BACA JUGA:

4 Kunci Sang Ahli Untuk Menggunakan Modal Bisnis Dari Uang Pribadi

Membangun Komunitas Untuk Merek Bisnis Yang Maksimal

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *