Teropong Bisnis | Homepage
4 Magnet untuk Menarik Investor

4 Magnet untuk Menarik Investor

0 Comments 🕔26.Nov 2013

Investor dapat dikatakan sebagai salah satu faktor terpenting untuk kemajuan usaha Anda. Tetapi, seringkali, banyak pengusaha, terutama pengusaha pemula yang tidak tahu bagaimana menarik investor. Meskipun mereka dapat bertemu mereka, mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang dicermati oleh para investor ini, sebelum mereka memutuskan untuk menanamkan uang mereka di bisnis Anda. Hal ini biasanya dilakukan oleh investor besar dan profesional.

1. SDM

Saat bertemu investor, banyak pengusaha yang selalu menjelaskan secara mendetail tentang bisnis yang mereka jalankan. Padahal, yang pertama kali dilihat oleh para investor ini adalah orang-orang yang menjalankan bisnis tersebut. Mereka melihat track record mereka dan kesiapan tim pelaksana bisnis.

Bahkan, salah seorang pengusaha tersukses, Donal Trump juga menyetujui hal ini. Dia pernah berkata bahwa I never bet on business, i bet on people.

Jadi, bila Anda merasa belum memiliki track record yang kuat, Anda perlu mulai membangun hal ini. Rekrut orang yang mempunyai track record yang bagus atau cari penasehat yang berpengalaman untuk berada disamping Anda ketika Anda menjalankan bisnis anda.

2. Model Bisnis

Anda juga harus mempunyai model bisnis yang jelas. Anda harus mempunyai perencanaan alur bisnis yang baik, mulai dari pemilihan bahan sampai menjadi produk yang layak jual. Selain itu, informasi tentang perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan model bisnis tersebut juga harus detail, ditambah dengan prediksi pendapatan yang Anda terima.

Memang, disini banyak hal teknis yang mempengaruhi. Anda harus mampu mempertahankan model yang Anda buat untuk menarik investor.

3. Pengembangan Bisnis

Para Investor juga ingin mengetahui, apakah bisnis yang Anda tawarkan dapat cepat berkembang. Dan, apakah bisnis Anda juga dapat diduplikasi di daerah lain atau tidak dan seberapa cepat proses ini dapat berjalan.

Waktu perkiraan bisnis Anda mencapai puncak sampai penurunan juga akan dicermati oleh para investor. Hal ini sangat berkaitan erat dengan proses keuntungan yang akan mereka dapat.

4. Rencana Cadangan

Ada banyak jenis investor yang bisa Anda temui. Ada investor dengan strategi buy and hold atau juga buy, build and sell. Apapun investornya, Anda harus menyediakan beberapa rencana cadangan untuk masa depan.

Ada beberapa jenis rencana yang dapat Anda gunakan untuk menarik investor, seperti IPO (Initial Public Offering), Buy Back StrategySecond Stage Investment, dan lain sebagainya. Biasanya, para investor profesional mempunyai tenggang waktu antara 5-7 tahun. Hal ini juga bergantung pada jenis bisnis dan negoisasi Anda dengan sang investor.

4 hal diatas adalah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat Anda ingin mencari investor. Memang, ada beberapa investor, khususnya investor individu, yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal tersebut. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya. Dengan mempersiapkannya, peluang kita untuk mendapatkan investor akan menjadi lebih besar.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *