Teropong Bisnis | Homepage
4 Langkah Berwirausaha

4 Langkah Berwirausaha

0 Comments 🕔19.Sep 2013

Banyak orang yang berujar akan berwirausaha suatu saat nanti. Tetapi ketika ditanya suatu saat nanti itu kapan, maka jawabannya tetap suatu saat nanti. Yang terjadi kemudian adalah banyak dari mereka pada akhirnya  tidak pernah mewujudkan niat tersebut

Khawatir terhadap resiko dalam berwira usaha adalah yang menjadi bayang-bayang banyak orang. Bayang-bayang terhadap kegagalan yang mungkin terjadi lebih besar dari keinginan menjadi seorang pengusaha.

Seperti dilansir dari Forbes, sebenarnya kemampuan seseorang untuk mengambil resiko menjadi wirausaha ini tidak ada kaitannya dengan kepribadian yang bersangkutan. Ini kaitannya adalah dengan kemampuan aksebilitas dan pengalaman yang diperoleh dalam berwirausaha.

Orang yang bisa membayangkan bahwa dia mampu untuk menjalankan sebuah usaha akan berhasil dalam merealisasikan niatnya untuk berwirausaha. Sedangkan orang yang selalu dibayangi kekhawatiran dan takut dengan resikonya, tidak akan pernah merealisasikan niatnya.

Untuk itu, berikut adalah 4 langkahmemulai  berwirausaha yang harus diambil agar niatan berwirausaha dapat terwujud.

Pertama, bertemanlah dengan pengusaha untuk mempelajari trik-trik yang mereka miliki yang dapat  Anda ambil manfaatnya. Tidak harus pengusaha yang sudah kaya, asalkan mereka yang memang bekerja untuk dirinya sendiri. Hal ini bisa dimulai dengan wirausahawan yang ada si sekitar anda. Jika mereka bisa, kenapa anda tidak?

Setelah itu menjalin hubungan dengan wirausahawan dari berbagai industry akan memperkaya pengalaman anda.

Dan jika belum ada pengusaha yang anda kenal, maka mulailah mencarinya. Bisa minta dikenalkan teman, atau bisa kita cari melalui media-media sosial yang  ada. Siapa tahu kan akhirnya ada yang menjadi teman anda.

 

Kedua, memilih panutan dari para wirausahawan yang sudah ada untuk dijadikan contoh dari kesuksesan mereka. Jika memungkinkan lakukanlah perbincangan secara dekat, sehingga Anda bisa melakukan analisis terhadap kunci kesuksesan mereka. Kemudian carilah profil tentang usahanya, gaya kepemimpinan  dan kepribadiannya yang telah terbukti mempengaruhi dalam menjalankan usahanya melalui media-media yang ada.

Ketiga, mulailah dari yang kecil, pelajarilah bisnis kecil dari seorang  wirausahawan, berperanlah sebagai pelanggan untuk mengetahui apa yang menarik dari usaha itu sehingga konsumen mau datang. Ambillah pelajaran dari ciri yang membuatnya berbeda sehingga disukai konsumen.

Keempat, Tidak selalu harus menjadi seorang ahli untuk berwirausaha. Hilangkanlah mitos itu. Yang harus dilakukan adalah berlangganan majalah tentang bisnis untuk mendapatkan dan memperluas pengetahuan. Temukan apa yang anda sukai, sehingga anda akan berpikiran positif mengenai bagaimana cara mengembangkan usaha serta bagaimana menangani masalaha yang mungkin muncul dalam berbisnis

Jika langkah-langkah itu anda lakukan, maka Anda akan mendapati bahwa berbisnis tidak semenakutkan yang Anda kira selama ini. Tidak perlu menunggu suatu saat nanti untuk menjadi seorang Wirausaha. Lakukanlah segera.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *