Teropong Bisnis | Homepage
4 Hal Dibalik Rasa Takut Memulai Bisnis

4 Hal Dibalik Rasa Takut Memulai Bisnis

0 Comments 🕔15.Jul 2014

Bila Anda merasa karir Anda tidak berkembang dan Anda ingin mendapatkan penghasilan yang lebih besar, memulai usaha sendiri dapat menjadi solusinya. Banyak orang melakukannya saat ini. Namun, banyak pula yang masih ragu bahkan takut memulai bisnis mereka sendiri. Hal ini sangatlah tidak tepat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang takut untuk memulai usaha mereka sendiri. Mengetahui hal ini sangat membantu Anda untuk mengatasi kesulitan saat memulai usaha. Dan, beberapa hal yang menjadi penyebab utama ketakutan memulai usaha adalah:

Takut Akan Kompetior

Seringkali, pengusaha pemula tidak berani menghadapi kompetitor yang sudah menjalankan usaha di bidang yang sama. Ketakutan ini timbul akibat seseorang tersebut, tidak percaya diri dengan skil yang dimilikinya, takut idenya diambil oleh kompetitor karena bersikap terbuka dan lainnya.

Ketakutan ini akan menghambat perkembangan Anda. Saat Anda harus bersikap terbuka, Anda menarik diri karena takut dengan kompetitor Anda. Padahal, mungkin dengan sikap terbuka Anda ini, Anda dapat memperluas jaringan bisnis Anda. Dan, jaringan bisnis adalah hal terpenting dalam kesuksesan sebuah bisnis.

Takut Mengambil Resiko

Banyak orang takut mengambil resiko, karena masalah modal. Mereka takut memulai bisnis dan gagal, sehingga uang yang mereka gunakan hilang. Bila gagal, mereka juga takut tidak akan mendapatkan penghasilan bulanan.

Ketakutan juga datang saat mereka meluncurkan produk mereka. Mereka takut bila produknya tidak laku

Ketakutan ini sangat wajar terjadi pada pengusaha pemula. Mereka tidak tahu apa-apa mengenai dunia yang akan dihadapinya. Namun, dalam dunia bisnis, hanya ada dua hal yang akan Anda peroleh, untung dan rugi. Jadi, resiko yang ada memang akan membawa Anda ke salah satu hal tersebut.

Takut Dengan Perubahan

Yang menarik, banyak orang takut memulai bisnis karena mereka takut dengan perubahan yang akan terjadi pada hidupnya. Contohnya, bila bisnis mereka gagal, keluarga atau teman-temannya tidak akan mempercayainya lagi.

Yang perlu Anda ketahui, perubahan dibutuhkan disini. Saat ini, Anda berada pada titik biasa atau bahkan rendah. Dengan berani memulai bisnis, Anda akan merubah hidup Anda dan mencapai titik lebih baik dan sukses dari saat ini.

Merasa Paling Benar

Hal ini tampak tidak seperti ketakutan yang terjadi pada orang yang akan memulai bisnis. Namun, hal ini memang terjadi. Banyak orang merasa dirinya dan ide bisnisnya paling benar dan terbaik, sehingga saat ingin memulai sebuah bisnis mereka takut bila idenya terbukti salah.

Karena ketakutan ini pula, mereka enggan untuk berkonsultasi pada pebisnis yang sudah berpengalaman. Di lain sisi, mentor bisnis dapat menjadi faktor penting untuk kesuksesan bisnis Anda.

Dengan mengetahu hal-hal yang menjadi penyebab utama seseorang takut memulai bisnis diatas, diharapkan Anda dapat mengatasinya. Dan, ide bisnis yang ada di dalam pikiran Anda dapat Anda wujudkan dan jalankan sebagai bisnis Anda sendiri.

memulai bisnis, pembisnis pemula, ide bisnis, usaha baru, usaha sampingan

BACA JUGA:

Pentingnya Budaya Penghargaan Dalam Bisnis

Tak Punya Impian, Seorang Entrepenuer Tak Punya Motivasi!

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *