Teropong Bisnis | Homepage
4 Cara Menyibak Tingkat Kepuasan Pelanggan

4 Cara Menyibak Tingkat Kepuasan Pelanggan

0 Comments 🕔29.Apr 2014

Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis adalah kepuasan pelanggan. Hal ini sangat penting, karena pelanggan yang puas akan setia pada produk atau layanan Anda. Oleh karena itu, sangatlah penting mengetahui tingkat kepuasan pelanggan Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Berikut beberapa cara yang diungkapkan oleh Kotler dan Fandy Tjiptono (2002) :

Sistem Kritik dan Saran

Sistem ini sangat penting dalam sebuah perusahaan. Dengan adanya sistem ini, Anda dapat mengetahui baik dan buruknya produk atau layanan Anda. Dari informasi ini, Anda dapat melakukan evaluasi dan perbaikan. Bahkan, informasi ini dapat menjadi inspirasi Anda untuk menciptakan produk dan layanan yang lebih baik.

Selain itu, sistem kritik dan saran ini sangat berguna untuk mempertahankan kepuasan pelanggan. Bagaimana caranya? Dengan sistem ini, Anda dapat lebih mudah mengetahui permasalahan yang dihadapi pelanggan. Artinya, Anda dapat memecahkan permasalahan tersebut dan memuaskan pelanggan.

kepuasan pelanggan, konsumen, wirausaha, tingkat kepuasan, ide bisnis

Survey

Anda juga dapat melakukan survey, untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan. Ada 3 macam survey yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Directly Reported by Satisfaction

Survey ini dilakukan dengan cara menanyakan langsung kepada pelanggan tentang kepuasan mereka terhadap produk atau layanan Anda. Contohnya, seberapa puas Anda terhadap produk atau layanan kami? Dengan pertanyaan ini, Anda akan mendapatkan respon langsung, seperti sangat memuaskan, tidak puas dan lainnya.

  • Derived Dissatisfaction

Survey ini digunakan untuk menemukan 2 hal. Yang pertama adalah kepuasan pelanggan terhadap kinerja bisnis Anda. Yang kedua, harapan pelanggan terhadap produk dan layanan Anda di masa mendatang.

  • Problem Analysis

Survey ini dilakukan untuk menemukan 2 hal. Yang pertama adalah masalah yang dihadapi pelanggan dan saran terhadap usaha Anda.

  • Ghost Shopping

Cara ini menggunakan orang lain untuk membeli produk kompetitor. Dari pengalaman membeli dan menggunakan layanan kompetitor ini, Anda dapat membandingkannya dengan layanan yang Anda berikan. Selain itu, produk kompetitor yang dibeli dapat diteliti untuk menemukan kelebihan dan kekurangannya. Sehingga, Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan produk dan layanan Anda.

  • Last Analysis Customer

Cara ini digunakan untuk menemukan penyebab salah seorang pelanggan Anda yang berhenti menggunakan produk atau layanan Anda. Dari informasi yang didapat, Anda dapat memperbaiki kinerja dan kualitas produk maupun layanan Anda.

Mengetahui tingkat kepuasan pelanggan sangatlah penting. Semua data yang didapat, dapat Anda gunakan untuk evaluasi kinerja bisnis Anda. Hal ini adalah salah satu faktor yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bila Anda tidak melakukan evaluasi, maka, bisnis Anda tidak akan dapat berkembang. Dapat pula dikatakan, semakin Anda kenal pelanggan Anda, semakin besar peluang bisnis Anda untuk sukses.

kepuasan pelanggan, konsumen, wirausaha, tingkat kepuasan, ide bisnis

BACA JUGA:

Tahapan Memilih Bisnis Waralaba

3 Jurus Mudah Fokus dalam Berbisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *