Teropong Bisnis | Homepage
3 Tips Menghindari Gaji Habis, Hidup Miris

3 Tips Menghindari Gaji Habis, Hidup Miris

0 Comments 🕔23.Jun 2014

Apakah gaji Anda cepat habis saat tengah bulan? Penyebab utama masalah gaji habis ini bukanlah gaji Anda yang terlalu kecil. Namun, ada masalah pada pada pengelolaan keuangan Anda. Berikut beberapa cara untuk mengelola gaji Anda.

Realistis

Buat rencana anggaran dan pengeluaran sebelum Anda menerima gaji Anda. Dengan cara ini, saat Anda sudah menerima uang gaji Anda, Anda dapat langsung melaksanakan rencana ini. Dalam membuat rencana, Anda juga harus melihat pengeluaran Anda selama 3 bulan sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat melihat hal-hal yang dapat dihemat, dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Contohnya, setelah Anda lihat pengeluaran Anda sebelumnya, ternyata banyak pengeluaran untuk hiburan, seperti nonton bioskop, makan di restoran dan lainnya. Anda harus berpikir realistis disini. Pengeluaran untuk hal-hal tersebut tidaklah terlalu penting. Jadi, Anda dapat memotongnya, seperti dengan melakukannya sebulan sekali daripada seminggu sekali.

Selain itu, buat juga catatan detail pengeluaran Anda. Catat jenis barang yang Anda beli, waktu membeli, tempat membeli, harga dan lainnya. Setelah itu bandingkan dengan rencana pengeluaran Anda. Usahakan besar pengeluaran pada catatan dan rencana sama persis.

Skala Prioritas

Buat daftar skala prioritas. Tempatkan kebutuhan utama di posisi paling atas daftar pengeluaran Anda. Kebutuhan utama atau primer yang perlu Anda perhatikan adalah tagihan listrik, air, telepon, cicilan rumah, transportasi dan lainnya.

Kebutuhan sekunder, seperti liburan, barang bermerek bisa Anda kurangi. Atau, bila kebutuhan ini dirasa menggunakan terlalu banyak dana, maka Anda dapat menghilangkannya.

aaaa

Kebutuhan primer dapat dikategorikan sebagai kebutuhan jangka pendek. Untuk mencegah gaji habis di tengah bulan, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan jangka panjang Anda. Misalnya, Anda merencanakan tabungan Anda tahun ini harus mencapai Rp. 50 juta.

Biaya Tak Terduga

Anda tidak mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan biaya yang bisa Anda gunakan untuk kejadian yang tidak terduga. Alokasikan dana tersendiri untuk kebutuhan ini, jangan disatukan dengan biaya untuk kebutuhan sehari-hari Anda.

Selain itu, Anda juga harus berkomitmen dalam penggunaan biaya tak terduga ini. Contohnya, bila Anda sudah menggunakan sebagian biaya tak terduga untuk kebutuhan yang datang mendadak, Anda harus mengembalikan jumlah biaya ini seperti semula.

Cara mudah untuk penyediaan biaya tak terduga adalah dengan menggunakan asuransi. Asuransi sendiri dapat menjadi penyelamat keuangan Anda di masa depan, khususnya bila ada kejadian yang membutuhkan pengeluaran lebih. Mempunyai berbagai macam asuransi, seperti asuransi kesehatan, pendidikan atau asuransi jiwa sangat diperlukan. Dengan memiliki asuransi-asuransi ini, Anda sudah bersiap-siap untuk menghadapi kejadian di masa mendatang.

Pada dasarnya, solusi untuk masalah gaji habis di tengah bulan berada pada diri Anda sendiri. Anda perlu mengendalikan diri Anda sendiri dan menggunakan gaji Anda secara efektif.

personal financial planning

BACA JUGA:

Rencana Perusahaan, Rahasia Suksesnya Sebuah Perusahaan

Kebiasaan yang Menjadikan Anda Pebisnis Sukses

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *