Teropong Bisnis | Homepage
3 Sumur Tempat Menimba Modal Bisnis

3 Sumur Tempat Menimba Modal Bisnis

0 Comments 🕔28.May 2014

Saat membangun sebuah bangunan, pondasi merupakan hal pertama yang harus diperhatikan. Bangunan dengan pondasi yang kokoh akan dapat bertahan lama serta tahan dari segala bentuk masalah. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis. Pondasi dalam sebuah bisnis adalah modal bisnis.

Modal bisnis yang kuat tidak hanya dibutuhkan pada usaha berskala besar. Bila Anda ingin memulai usaha sampingan atau bisnis rumahan, modal juga perlu Anda perhatikan. Modal yang kuat akan membuat bisnis rumahan Anda berkembang. Dan, mungkin saja, Anda akan memiliki kerajaan bisnis di masa depan dari bisnis rumahan ini.

Menurut Perencana Keuangan ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie, setiap jenis bisnis membutuhkan modal yang berbeda-beda. Namun, ada kesamaan umum pada modal yang dibutuhkan setiap jenis usaha ini. Pada umumnya, setiap bisnis memerlukan lokasi, alat produksi, bahan baku dan pekerja.

Anda harus memilih lokasi usaha dan produksi yang mudah dijangkau oleh berbagai macam transportasi. Kemudahan ini akan membuat distribusi hasil produksi ke pasar akan lebih mudah, yang akan mempengaruhi penjualan produk Anda.

Dengan melihat beberapa hal diatas, Anda dapat menghitung dana yang dibutuhkan untuk mendapatkannya. Anda juga perlu membuat rencana bisnis, dimana didalamnya Anda tuliskan secara detail mengenai kebutuhan dana ini, termasuk dari mana dan bagaimana Anda memperolehnya.

modal bisnis, wirausaha, modal usaha, peluang usaha, usaha sampingan

Bila berbicara mengenai asal modal bisnis Anda, setidaknya ada 3 macam sumber yang dapat Anda andalkan.

Swadaya

Anda dapat menggunakan dana pribadi Anda. Tabungan, warisan, bonus gaji saat bekerja atau hasil dari penjualan aset yang Anda miliki. Pastikan Anda mempertimbangkan hal ini secara matang, agar di masa mendatang, Anda tidak mengalami kerugian.

Pinjaman

Anda juga dapat mencari modal bisnis dari pinjaman. Pinjaman dapat diperoleh melalui bank atau pinjaman dari orang lain.

Mitra Bisnis

Bila Anda tidak keberatan membagi kepemilikan bisnis Anda, Anda dapat mengajak mitra bisnis untuk bekerjasama. Mereka dapat menjadi investor dan memberikan Anda investasi dana segar. Yang perlu diperhatikan disini adalahakan ada pembagian keuntungan. Pastikan pembagian keuntungan ini adil dan memuaskan Anda dan mitra bisnis Anda.

Dari 3 sumber diatas, Anda akan lebih mudah mendapatkan modal bisnis yang dibutuhkan. Namun, Anda juga harus memperhatikan arus kas Anda. Pastikan arus kas Anda berjalan stabil dan seimbang. Hal ini sangatlah penting saat Anda memulai usaha dengan modal bisnis yang berasal dari pinjaman.

Jangan sampai pembayaran utang pinjaman ini berasal dari dana pribadi Anda. Pembayaran harus berasal dari dana yang dihasilkan oleh bisnis Anda. Disini diperlukan pengaturan arus pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda. Dengan demikian, Anda tidak akan mendapatkan masalah dengan modal bisnis maupun kehidupan pribadi Anda di masa depan.

modal bisnis, wirausaha, modal usaha, peluang usaha, usaha sampingan

BACA JUGA:

Tips Mengembangkan Bisnis secara Berkala

10 Pilar Penting untuk Merealisasikan Ide Bisnis saat Memulai Bisnis Baru

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *