Teropong Bisnis | Homepage
3 Rahasia Cash Flow Lancar, Perusahaan Sukses

3 Rahasia Cash Flow Lancar, Perusahaan Sukses

0 Comments 🕔30.Jul 2014

Anda ingin bisnis Anda sukses? Tentunya, semua orang yang menjalankan bisnis ingin meraih kesuksesan. Dan, untuk meraih kesuksesan dan mengembangkan perusahaan Anda, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah cash flow perusahaan Anda.

Seringkali, perusahaan tidak dapat berkembang dan maju karena masalah padacash flow mereka. Sebagian besar pebisnis, khususnya pemula, sering fokus pada keuntungan besar yang ingin mereka dapatkan. Karena hal ini pula, waktu, energi dan biaya, mereka gunakan untuk promosi, pemasaran dan penentuan strategi bisnis mereka.

Sayangnya, banyak pebisnis melupakan salah satu hal terpenting dalam perusahaan, yaitu manajemen keuangan. Bila Anda ingin memulai bisnis, khususnya tingkat kecil dan menengah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki cash flow Anda.

Beli Tunai Jual Tunai

Anda harus membeli secara tunai dan menjual produk Anda secara tunai pula. Jadi, saat Anda membeli produk dari distributor, Anda membelinya secara tunai. Setelah itu, Anda menjual produk yang Anda beli dari distributor secara tunai. Dengan cara ini, uang kas Anda tidak akan mengalami perubahan yang terlalu besar dan kondisinya stabil.

keuangan, usaha, ide bisnis, mengatur pemasukan

Sistem Tempo Jual Tunai

Ada banyak supplier yang menyediakan sistem tempo saat ada penjual yang membeli barang dari mereka. Sistem ini memungkinkan Anda untuk membeli barang dari mereka tanpa membayarnya terlebih dahulu. Setelah Anda menjual barang tersebut dan memperoleh uang tunai, Anda dapat menggunakannya untuk membayar supplier.

Cara ini sangat tepat untuk Anda yang baru memulai bisnis. Saat Anda memulai bisnis, cash flow perusahaan Anda belum stabil dan banyak. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan barang yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda dan memperoleh keuntungan.

Beli Tempo Jual Kredit

Cara ini sangat efektif untuk menarik banyak pelanggan. Intinya, saat Anda membeli barang yang akan Anda jual dari supplier, Anda menggunakan sistem tempo dari supplier tersebut. Dan, saat Anda menjualnya, Anda juga menggunakan sistem tempo untuk pelanggan Anda.

Yang perlu diingat, lama waktu pembayaran yang Anda tetapkan untuk pelanggan, harus lebih singkat dari waktu yang ditentukan supplier. Misalnya, Anda mendapatkan waktu 1 bulan dari supplier, untuk pelanggan Anda, Anda menerapkan sistem kredit selama 1 minggu. Jadi, Anda mendapatkan pemasukan dan dapat membayar supplier tepat waktu.

Pelanggan akan merasa nyaman dengan cara ini. Tetapi, sebaiknya Anda menggunakan cara ini, saat perusahaan Anda sudah stabil. Sehingga, bila ada masalah, masih ada cadangan uang yang dapat menutupi dan menanggulangi biaya ini.

3 cara mengatur cash flow diatas terlihat sangat simpel dan sederhana. Namun, bila Anda melakukannya dengan benar, maka perusahaan Anda akan stabil. Jadi, Anda akan lebih mudah mengembangkannya.

keuangan, usaha, ide bisnis, mengatur pemasukan

BACA JUGA:

Strategi Menjadi Kaya Yang Harus Anda Pelajari

Hal Sederhana Yang Harus Anda Lakukan Saat Stres

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *