Teropong Bisnis | Homepage
3 Masalah Investasi dan Cara Jitu Mengatasinya

3 Masalah Investasi dan Cara Jitu Mengatasinya

0 Comments 🕔05.Dec 2013

Investasi adalah salah satu solusi masalah finansial Anda di masa mendatang. Jadi, sudah seharusnya, Anda semua mulai berinvestasi sejak dini. Akan tetapi, ada beberapa masalah yang dapat menghadang langkah investasi Anda.

Sebenarnya, masalah-masalah ini adalah masalah umum dalam berinvestasi. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Modal Kurang

Untuk masalah investasi ini, Anda dapat mengatasinya dengan membatasi pengeluaran. Setidaknya, Anda harus mendapatkan modal sebesar 10 persen dari pengeluaran Anda.

Pengeluaran yang perlu Anda batasi adalah pengeluaran yang bersifat kenyamanan. Contohnya, Anda menggunakan mobil tidak setiap hari, tetapi 2 hari sekali. Atau, Anda menggunakan motor atau bahkan sepeda untuk bekerja.

Yang paling penting, Anda tidak harus menghilangkan kenyamanan ini. Anda hanya harus menundanya, dan menikmati keuntungannya di masa mendatang.

2.  Tidak Memiliki Porsi Investasi

Masalah ini dapat diatasi dengan cara yang pertama. Tetapi, Anda harus lebih maksimal dalam melakukannya atau dapat juga dikatakan, Anda harus berkorban lebih untuk mengatasi masalah investasi ini. Contohnya, Anda hanya menggunakan mobil di akhir pekan dan lainnya.

Anda juga harus mengubah pola pikir Anda. Anda harus mempunyai pola pikir, bahwa 90 persen ini adalah penghasilan Anda. 10 persen sisanya adalah nilai yang harus Anda apresiasi untuk kepentingan Anda di masa mendatang. Anda dapat menggunakan filosofi investasi, yang berbunyi, menikmati keinginan maksimal di masa mendatang.

3. Defisit Uang

Masalah ini dapat dikatakan yang terberat. Cara pemecahannya sama dengan masalah nomor 1 dan 2. Tetapi, Anda juga harus menambah dengan melihat aset yang produktif secara ekonomi yang Anda miliki.

Contohnya, bila Anda memiliki rumah di lokasi strategis, seperti dekat fasilitas, jalan dan lainnya, Anda dapat memanfaatkannya untuk warung, kos dan lainnya.

Bila Anda tidak mempunyai rumah, cari lagi aset yang Anda miliki, seperti mobil dan motor. Anda dapat menyewakannya dan mendapatkan pemasukan darinya.

Intinya, Anda tidak hanya diam saja dan melihat defisit Anda bertambah. Anda perlu berusaha untuk mengikis defisit ini sampai habis. Dan, Anda juga harus memperhitungkan kebutuhan investasi Anda, karena semua yang Anda lakukan ini akan digunakan untuk investasi.

Jadi, bila Anda masih mempunyai pikiran bahwa Anda tidak punya modal untuk berinvestasi, Anda perlu mengubahnya. Anda dapat menggunakan pinjaman bank, kredit usaha dan lainnya untuk memulai langkah investasi Anda.

Ketika usaha Anda sudah berjalan, maka Anda juga perlu menggunakan hasil yang Anda dapat secara optimal. Artinya, Anda perlu membagi hasil ini untuk usaha lain di sektor finansial, misal membeli reksa dana atau investasi emas.

Dengan melakukan hal diatas, Anda tidak hanya terhindar dari masalah investasi. Akan tetapi, Anda juga sudah melakukan diversifikasi usaha, sehingga resiko investasi Anda tersebar. Dan, peluang Anda untuk rugi semakin sedikit, sedangkan peluang untung akan meningkat. Hasilnya, Anda akan berpeluang menambah aset dan investasi Anda.

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *