Teropong Bisnis | Homepage
3 Jurus Menaikkan Harga Produk Tanpa Efek Samping

3 Jurus Menaikkan Harga Produk Tanpa Efek Samping

0 Comments 🕔07.Apr 2014

Ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya keuntungan yang bisa Anda dapat dari penjualan produk Anda. Salah satunya adalah harga produk. Harga produk yang tepat tentunya akan dapat memberikan laba yang besar. Selain itu, penjualan dengan harga produk yang tepat juga akan dapat menutup biaya produksi.

Sayangnya, seringkali dilema dialami oleh para pengusaha. Hal ini terjadi karena harga kebutuhan pokok naik yang tentunya mempengaruhi harga bahan baku dan biaya produksi. Harga bahan baku juga akan naik dan menyebabkan biaya produksi naik pula.

Untuk menutup semua biaya yang dikeluarkan ini, salah satu cara yang dapat digunakan adalah menaikkan harga produk Anda. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati pada tahap ini.

Seperti yang kita semua tahu, harga dapat dikatakan sebagai pertimbangan utama seseorang membeli sebuah produk. Bahkan banyak orang mementingkan harga yang murah meskipun kualitas produk tersebut biasa-biasa saja.

Melihat kondisi diatas, menaikkan harga produk sama dengan bunuh diri. Anda berpeluang besar akan kehilangan pelanggan. Dilain sisi, Anda harus menaikkan harga produk Anda agar Anda tidak merugi.

Tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini. Anda tetap dapat menaikkan harga produk Anda, tanpa kehilangan pelanggan.

tips, jurus menaikkan harga, harga produk, wirausaha, peluang bisnis

Pelanggan Adalah Yang Pertama Tahu

Pelanggan Anda harus menjadi orang yang pertama tahu tentang kenaikan harga produk Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memberitahukan kepada mereka tentang hal ini jauh-jauh hari. Jangan sampai kenaikan harga produk Anda mereka ketahui pada saat mereka akan membeli produk Anda. Hal ini akan mengecewakan mereka dan potensi kehilangan mereka akan menjadi lebih besar.

Selain itu jelaskan juga kepada pelanggan alasan Anda menaikkan harga produk Anda. Beri penjelasan logis dan jujur mengenai hal ini. Dengan demikian, mereka akan mengerti dan menerima kenaikan harga ini.

Tingkatkan Kualitas

Banyak pengusaha terpaksa menurunkan kualitas, demi mempertahankan harga. Tentunya hal ini bukanlah pilihan tepat. Kualitas yang buruk akan membuat pelanggan kecewa. Dan, mereka tentunya akan memilih produk lain yang lebih baik.

Memang banyak orang lebih mementingkan harga daripada kualitas. Akan tetapi Anda dapat menjelaskan kelebihan dari kualitas tinggi produk Anda. Dengan demikian, mereka akan sadar keuntungan menggunakan produk Anda. Dan proses menaikkan harga produk akan berjalan lancar.

Pilihan Kedua

Banyak perusahaan besar yang menawarkan paket hemat. Hal ini dilakukan agar pelanggan mempunyai alternatif lain saat mereka membeli produk mereka. Jadi, Anda dapat menaikkan harga produk Anda tanpa khawatir kehilangan pelanggan.

Biasanya paket hemat ini juga menyertakan produk yang harganya telah Anda naikkan. Jadi Anda tetap mendapatkan keuntungan dari penawaran pilihan kedua ini.

Pada dasarnya, menaikkan harga produk bukanlah sebuah masalah. Yang paling penting, Anda harus tahu kapan saat tepat melakukannya. Dan Anda juga harus mampu melakukan komunikasi yang baik dengan konsumen mengenai hal ini.

tips, jurus menaikkan harga, harga produk, wirausaha, peluang bisnis

BACA JUGA:

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Tidak Memiliki Ide

1000 Manfaat dari Riset Pasar

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *