Teropong Bisnis | Homepage
3 Jurus Maut Mengelola Keuangan, Gaji Masih Banyak Saat Akhir Bulan

3 Jurus Maut Mengelola Keuangan, Gaji Masih Banyak Saat Akhir Bulan

0 Comments 🕔30.Jul 2014

Gaji besar mungkin mudah didapat. Tetapi, mempertahankan gaji hingga akhir bulan, dapat menjadi hal tersulit untuk dilakukan. Yang dibutuhkan disini adalah sistem pengelolaan uang yang baik. Berikut tips dari Sun Life Financial Indonesia untuk mengelola keuangan Anda dengan baik.

Rencana Pengeluaran

Cara yang pertama adalah membuat rencana pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Tetapi, sebelum membuat rencana pengeluaran, buat pula review tentang pengeluaran Anda selama 3 bulan terakhir. Bila Anda menemukan pengeluaran untuk kebutuhan mewah atau tersier, kurangi atau hilangkan. Contoh kebutuhan tersier adalah makan di restoran mewah, menonton film dan lainnya.

Tetapi, bila ada pengeluaran besar namun sangat dibutuhkan, Anda tidak boleh menguranginya. Contohnya, pengeluaran untuk internet cukup besar. Sedangkan Anda menggunakan internet untuk bekerja. Anda tidak dapat mengurangi pengeluaran untuk kebutuhan ini.

Jadi, Anda harus realistis dan menyesuaikan kebutuhan Anda. Selain itu, catat semua pengeluaran secara detail, dari harga, tempat membeli, waktu dan lainnya. Bandingkan antara rencana dan pengeluaran yang sudah Anda keluarkan. Usahakan jumlah yang muncul sama persis.

mengelola keungan, finance, keuangan, gaji, mengatur keuangan

Prioritas

Tetapkan prioritas pengeluaran Anda. Hal ini sering dilupakan banyak orang saat mereka ingin mengatur dan mengelola keuangan Anda. Prioritaskan kebutuhan primer Anda, seperti tagihan, belanja bulanan dan cicilan. Penghasilan Anda harus dapat membayar semua kebutuhan primer ini.

Prioritaskan kebutuhan sekunder dan tersier Anda setelah kebutuhan primer. Bila kebutuhan sekunder dan tersier Anda mengganggu pengeluaran untuk kebutuhan primer, kurangi atau hilangkan.

Selain itu, Anda juga harus menetapkan tujuan untuk masa depan keuangan Anda. Kebutuhan perbulan yang Anda keluarkan adalah tujuan jangka pendek Anda. Untuk jangka panjang, Anda dapat menetapkan rencana untuk 1 tahun mendatang. Contohnya, Anda harus mampu menabung hingga Rp. 50 juta untuk 1 tahun ke depan.

Rencana jangka panjang ini juga disebut dengan investasi. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan mendadak, seperti saat sakit dan lainnya.

Rencana Cadangan

Anda harus membuat rencana cadangan untuk jaminan masa depan Anda. Rencana atau dana cadangan ini dapat Anda gunakan saat ada kebutuhan mendesak.

Yang perlu Anda ingat, Anda harus mempertahankan dana cadangan ini. Contohnya, bila Anda menggunakan setengah dari dana cadangan untuk kebutuhan mendesak, Anda harus berkomitmen untuk mengembalikannya seperti semula.

Salah satu cara mudah untuk membuat rencana cadangan adalah dengan asuransi. Asuransi membuat Anda lebih mudah mengelola keuangan Anda, karena ada pelindung keuangan dari asuransi ini.

Pada dasarnya, mengelola keuangan tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda harus teliti dalam menentukan cara menggunakan uang Anda. Selain itu, Anda harus berkomitmen dan disiplin dengan apa yang Anda rencanakan dan tetapkan. Tanpa kedua hal ini, Anda akan mengalami hal yang sama, gaji habis sebelum akhir bulan.

mengelola keungan, finance, keuangan, gaji, mengatur keuangan

BACA JUGA:

4 Tonggak Penting Merasakan Arti Sukses Sebenarnya ala Johnny Darmawan

Penghargaan Individual Untuk Karyawan, Apa Pentingnya?

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *