Teropong Bisnis | Homepage
3 Jurus Jitu Rapat Menjadi Lebih Efektif

3 Jurus Jitu Rapat Menjadi Lebih Efektif

0 Comments 🕔02.Jun 2014

Banyak orang setuju bahwa stress datangnya dari pekerjaan kita. Dan, ruang atau kegiatan tempat stress ini berasal adalah dari rapat. Rapat dapat menjadi kegiatan yang sangat membosankan dan melelahkan. Bila hal ini terjadi, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini tidak akan didapat.

Hal ini tentunya tidak baik untuk perusahaan Anda. Bukannya tidak mungkin, bila hasil yang didapat dari rapat dapat menjadi titik balik yang menentukan kesuksesan perusahaan Anda.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan, untuk membuat rapat menjadi lebih efektif dan efisien. Berikut beberapa diantaranya:

Persiapan Rapat

Persiapan yang matang akan membuat rapat Anda berjalan lancar. Cara mudahnya adalah dengan membuat daftar apa yang akan Anda lakukan dan sampaikan pada rapat ini. Buat daftar pertanyaan dan bahan yang akan Anda presentasikan.

Selain itu, pastikan semua peralatan yang akan digunakan pada rapat berjalan dengan baik. Laptop, proyektor dan lainnya harus siap digunakan. Dan, buat salinan presentasi yang Anda sampaikan untuk diberikan kepada peserta rapat. Hal ini perlu dilakukan agar mereka mudah memahami dan hasil yang didapat memuaskan.

Sertakan pula rencana cadangan bila ada masalah pada rapat Anda. Dengan demikian, bila ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan daftar yang Anda buat, Anda dapat mengatasinya.

rapat, meeting, tips rapat, cara rapat

Takut Bicara

Masalah ini sering datang pada peserta rapat. Hanya karena bukan orang yang menyampaikan presentasi, mereka takut menyampaikan pendapat mereka. Mereka takut dianggap tidak sopan atau lancang.

Sebenarnya, agar tidak berjalan membosankan dan penuh stress dan rapat menjadi lebih efektif, Anda tidak boleh takut untuk berbicara. Sampaikan pendapat atau ide Anda terhadap topik yang sedang dipresentasikan. Atau, bila Anda tidak mengerti, tanyakan hal ini pada saat rapat. Sehingga, bila rapat selesai, semuanya sudah jelas dan hasil rapat dapat langsung ditindaklanjuti.

Perhatian Penuh

Seringkali, rapat menjadi membosankan, karena Anda tidak memperhatikan apa yang disampaikan. Hal ini menyebabkan Anda merasa tidak menjadi bagian dari rapat itu. Sehingga, Anda menjadi stress dan tidak dapat memahami hasil dari rapat.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mencoba memberikan perhatian penuh pada materi yang sedang disampaikan pada rapat. Duduk di posisi paling depan juga dapat membantu Anda untuk lebih fokus. Hindari pemakaian ponsel Anda dan lakukan kontak mata dengan orang yang menjadi pembicara.

3 cara diatas dapat digunakan oleh pembicara dan juga peserta rapat. Dengan demikian, opini bahwa rapat yang sebelumnya dianggap membosankan, melelahkan dan sumber dari stress pekerjaan, dapat berubah. Rapat akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menjadi pendukung kesuksesan perusahaan Anda. Tentunya, Anda harus menjadikan rapat menjadi lebih efektif dengan cara diatas.

rapat, meeting, tips rapat, cara rapat

BACA JUGA:

Solusi Pengembangan Karier yang Efektif

7 Jalan Mengikat Kepercayaan Pelanggan untuk Bisnis Online

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *