Teropong Bisnis | Homepage
3 Hal Penting untuk Modal Usaha Rumahan

3 Hal Penting untuk Modal Usaha Rumahan

0 Comments 🕔03.Dec 2013

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan uang tambahan. Salah satunya adalah melakukan bisnis rumahan. Bahkan, bila Anda serius, Anda dapat menjadikan bisnis rumahan ini menjadi pekerjaan atau penghasilan utama anda. Bukan tidak mungkin bila Anda mendapatkan kesuksesan besar dari bisnis rumahan.

Akan tetapi, sama seperti bisnis-bisnis jenis lainnya, yang pertama harus dipersiapkan untuk bisnis rumahan ini adalah modal usaha. Untuk mempersiapkan modal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

1. Menentukan Kebutuhan Usaha

Menurut Keuangan ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie ada banyak modal yang berbeda-beda sesuai dengan jenis usaha yang Anda miliki. Akan tetapi, semua usaha membutuhkan beberapa hal pokok. Hal-hal ini adalah lokasi untuk produksi produk Anda, alat untuk memproduksi, bahan baku, pekerja sebagai bagian dari sistem operasional usaha anda.

Untuk lokasi produksi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Lokasi produksi harus mudah dijangkau oleh transportasi. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk mendistribusikan produk yang sudah Anda produksi ke distributor atau konsumen Anda.

2. Menentukan Rincian Modal dari Kebutuhan Usaha

Dari semua kebutuhan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha Anda seperti yang disebutkan diatas, Anda akan dapat menghitung berapa jumlah modal usaha yang Anda perlukan untuk memulai usaha. Selain itu, Prita juga menekankan agar setiap usaha harus mempunyai Business Financial Plan atau rencana keuangan bisnis. Hal ini untuk memperjelas rincian jumlah modal yang dibutuhkan tadi sekaligus menjelaskan tentang cara yang dapat digunakan untuk memperolehnya.

3. Menentukan Sumber Modal

Untuk Cara memperoleh modal seperti yang Anda butuhkan, ada 3 macam sumber yang dapat Anda gunakan, seperti:

1. Swadaya. Anda mendapatkan modal dari uang Anda sendiri. Uang ini dapat diperoleh dari warisan, penjualan aset investasi yang Anda miliki, bonus sebagai karyawan dan lain sebagainya.

2.  Pinjaman. Seperti namanya, Anda meminjam uang dari pihak lain untuk digunakan sebagai modal. Anda dapat meminjam dari bank atau dari orang untuk memperoleh sumber modal ini.

3. Mitra Bisnis. Sumber ini berasal dari pihak lain yang akan menjadi investor di usaha anda. Anda pada dasarnya bekerja sama dengan mitra bisnis Anda. Dan, timbal balik yang investor terima dari pemberian dana segar untuk usaha Anda adalah hak untuk memiliki sebagian dari usaha Anda.

Satu hal penting lainnya yang perlu Anda cermati adalah bila Anda membayar utang usaha yang Anda dapatkan saat meminjam uang untuk modal usaha, uang yang Anda gunakan harus berasal dari sumber dana usaha. Jangan menggunakan sumber rumah tangga.

Selain itu, pastikan juga arus kas bisnis Anda stabil. Artinya, kas usaha Anda dapat membayar utang ini sekaligus menjalankan bisnis Anda dengan lancar.

 

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *