Teropong Bisnis | Homepage
2 Rahasia Membangun Loyalitas Pelanggan Dengan Brand

2 Rahasia Membangun Loyalitas Pelanggan Dengan Brand

0 Comments 🕔31.Dec 2013

Brand atau merek merupakan salah satu unsur penting dalam dunia bisnis. Brand yang sukses mencuri perhatian pelanggan akan memberikan dampak positif terhadap perusahaan pemilik brand tersebut. Tentunya, hal ini juga dapat menambah jumlah pelanggan dan keuntungan yang diterima perusahaan tersebut.

Untuk membangun loyalitas pelanggan dengan brand yang Anda punya, Anda harus memberikan yang terbaik untuk pelanggan Anda. Salah satunya adalah memberikan pengalaman menyenangkan saat mereka menggunakan brand Anda.

Menurut Jim Joseph, ada 2 hal penting yang diperlukan untuk membangun loyalitas pelanggan terhadap brand Anda.

1. Totalitas

Totalitas disini dapat diartikan sebagai kelengkapan semua elemen dalam usaha Anda. Kelengkapan ini juga dapat menjadi cara untuk memasarkan usaha Anda. Artinya, bila Anda tidak memberikan pengalaman yang lengkap terhadap konsumen Anda saat mereka menggunakan brand Anda, maka tidak akan tercipta loyalitas pelanggan terhadap brand Anda.

Selain kelengkapan, Anda juga harus konsisten dalam melakukan hal ini. Hal ini akan menunjukkan kesungguhan Anda dalam melayani para pelanggan Anda.

Contohnya, bila Anda memiliki usaha agen perjalanan, Anda harus memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan terbaik. Anda harus memiliki kantor di daerah, brosur, layanan online dan lainnya. Hal ini akan menarik pelanggan untuk menggunakan layanan Anda dan membuat mereka setia dengan layanan Anda.

brand usaha

2. Tonalitas

Josep mengartikan tonalitas sebagai brand personality atau jiwa dari brand Anda. Anda harus mampu mendefinisikan usaha Anda dalam brand yang Anda gunakan.

Hal ini sangat diperlukan agar terjadi hubungan emosional yang dalam antara pelanggan Anda dengan brand dan produk Anda. Akan tetapi, Anda dapat mewujudkan hal ini, bila tingkat tonalitas Anda sesuai dan seiring sejalan dengan pemasaran usaha Anda.

Hubungan emosional sangat penting disini. Bila Anda berhasil, maka Anda akan mendapatkan loyalitas pelanggan yang Anda inginkan terhadap brand yang Anda miliki.

Sebagai contoh, bila Anda memiliki usaha rumah makan dan Anda sudah melengkapinya dengan website, sambutan di pintu masuk yang hangat dan lainnya, tetapi pelayan dan Anda sebagai pemilik tidak ramah, maka tidak akan berhasil. Usahakan Anda konsisten dalam memberikan pengalaman terbaik menggunakan brand Anda kepada pelanggan Anda.

Menurut Joseph, strategi pembangunan brand ini tidak hanya dapat diterapkan pada brand perusahaan besar. Bisnis dengan modal kecil dapat juga menggunakannya. Yang diperlukan adalah kombinasi totalitas dan tonalitas pengalaman menggunakan brand tersebut yang membuat pelanggan merasa puas dan termotivasi.

Bila Anda dapat melakukan kombinasi tersebut, maka Anda akan mendapatkan cara yang tepat untuk mempresentasikan produk Anda kepada pelanggan Anda. Hasilnya, Anda akan lebih mudah membuat produk Anda menjadi produk unggulan dan disukai oleh pelanggan yang menjadi target Anda.

brand usaha

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *