Teropong Bisnis | Homepage
10 Pilar Penting untuk Merealisasikan Ide Bisnis saat Memulai Bisnis Baru

10 Pilar Penting untuk Merealisasikan Ide Bisnis saat Memulai Bisnis Baru

0 Comments 🕔12.May 2014

Ide merupakan modal awal sebuah bisnis. Tanpanya, bisnis Anda tidak akan lahir dan berjalan. Akan tetapi, merealisasikan ide bisnis menjadi bisnis sesungguhnya bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan.

Identifikasi pasar, menentukan positioning produk Anda, meneliti kompetitor adalah beberapa langkah persiapan untuk merealisasikan ide bisnis Anda. Bila Anda sudah melakukan hal-hal ini dan mendapatkan ide yang benar-benar mantap, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut untuk memulai bisnis.

Nama Bisnis

Nama bisnis yang unik akan memberikan banyak keuntungan. Selain untuk keperluan branding, Anda juga dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Dalam memilih nama, teliti juga kompetitor dan bagaimana cara branding mereka. Pastikan Anda memilih nama yang unik dan belum pernah digunakan.

Struktur Bisnis

Tentukan dan pahami struktur bisnis Anda. Apakah Anda menjalankannya sendiri, dengan mitra atau dengan sistem korporasi. Bila Anda menggunakan sistem korporasi, maka ada perbedaan pada status badan hukum dan juga aturan untuk pemilik dan pemegang saham. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan penasihat hukum.

Izin Dagang

Izin dagang juga perlu Anda perhatikan. Memang, hal ini bukanlah suatu kewajiban. Akan tetapi, izin dagang dapat mempermudah dalam proses pemblian atau pembuatan faktur.

Hak Paten

Daftarkan segera brand, sloga, logo dan nama bisnis Anda agar mendapatkan hak paten. Hal ini bahkan harus dilakukan sebelum merealisasikan ide bisnis Anda. Dengan hak paten, Anda dapat terlindungi dari percobaan plagiasi oleh kompetitor Anda.

Legalitas dan Pajak

Pemerintah mempunyai semua aturan untuk bisnis. Pelajari hal ini dan patuhi juga agar tidak terjadi masalah. Hal ini juga termasuk pajak yang berlaku dalam dunia bisnis. Pastikan Anda membayarnya dan juga menyelesaikan laporan keuangan, karena hal ini juga akan dikenai pajak.

Asuransi

Anda tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Oleh karena itu, asuransi usaha sangat dibutuhkan untuk melindungi usaha Anda. Asuransi dapat memberi Anda perlindungan dari bencana alam dan juga gangguan pada pendapatan Anda.

Lisensi

Lisensi menunjukkan kualitas layanan dan produk Anda. Jadi, dapatkan lisensi untuk produk atau layanan Anda. Biasanya, layanan ini tersedia di tempat Anda mendapatkan ijin usaha.

Keuangan

Catat semua hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan Anda. Hal ini sangat penting dalam menjaga keseimbangan perusahaan. Anda dapat menyewa akuntan untuk melakukan hal ini.

Software

Teknologi tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis modern. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan software yang tepat dan bagus, untuk usaha Anda.

Referensi

Selalu cari informasi lebih mengenai bisnis. Anda dapat menggunakan website Pemerintah dan lainnya untuk keperluan hal ini. Cara ini dapat membantu Anda mengembangkan ide bisnis Anda dan juga usaha Anda agar lebih sukses.

mon

BACA JUGA:

3 Resep Lancarkan Kelahiran Ide Bisnis

Ini Saatnya Anda Memulai Bisnis

Similar Articles

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah

Regulasi Baru Akan Buat Akses Ke Lembaga Keuangan Lebih Mudah 0

Salah satu roda penggerak perekonomian sebuah negara adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Bila UKM di

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir

Sekarang Mudah Menjadi Eskportir 0

Berlakunya MEA sebentar lagi mendatangkan peluang besar untuk para pelaku usaha dalam negeri untuk mengembangkan

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat

5 Jurus Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat 0

Iklan dan promosi merupakan hal yang dibutuhkan untuk membuat bisnis Anda maju. Namun, seringkali pelaku

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis

Trik Meninggalkan Posisi Penting Sebelum Memulai Bisnis 0

Bagaimana rasanya jika Anda harus melepaskan sebuah jabatan penting? Misalnya, Anda ingin memulai bisnis dan harus melepas

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa

5 Jurus Sukses Mendapat Kenaikan Gaji Khusus untuk Kaum Hawa 0

Meminta kenaikan gaji merupakan hak setiap karyawan yang bekerja di setiap perusahaan. Apalagi, bila mereka telah menunjukkan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *