Teropong Bisnis | Homepage
Wisatawan Asing Minati Lampu Hias Buatan Anak Negeri

Wisatawan Asing Minati Lampu Hias Buatan Anak Negeri

0 Comments 🕔21.Mar 2014

Bisnis lampu hias menjadi peluang bisnis yang kian benderang di pasaran. Banyak perajin yang kemudian menekuni bisnis ini. Untuk menghasilkan produk-produk lampu hias yang unik dan berbeda, para perajin lampu hias dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menciptakan desain-desain baru lampu hias. Desain-desain lampu hias tentunya harus menarik dari segi tampilannya. Bukan hanya tampilannya yang harus menarik, sisi  fungsinya pun tak boleh dilupakan. Fajar adalah salah satu perajin sekaligus sebagai pelaku bisnis lampu hias yang saat ini sedang banyak-banyaknya meraup keuntungan dari penjualan komoditinya. Fajar memiliki bakat dan skill yang  pas sekali dengan dunia seni kerajinan. Ia pintar membuat kreasi baru seperti misalnya mengaplikasikan motif batik di atas lempengan kayiu jati. Lempengan kayu jati yang ia gunakan kurang lebih memiliki ketebalan 0,6 sampai 2 cm. Alasan Fajar memilih kayu jati adalah sifat  material kayu jati yang  awet dan mudah dibentuk. Kemudian dari sisi warna, kayu jati juga sangat cocok sebagai dasar untuk meletakan motif batik di atasnya. Kayu jati ini ia jadikan sebagai kap lampu hias buatannya.

Fajar tidak sendiri. Ia merekrut beberapa orang sebagai karyawanya. Fajar bersama beberapa karyawannya ini membuat desain tudung lampu hias yang berukiran motif batik. Fajar juga memproduksi lampu hias non-batik dengan berbagai jenis desain. Ia mengaku sangat menyukai bisnisnya ini. Manurutnya, bisnis pembuatan lampu hias ini cocok sekali dengannya. Ia bisa lebih  kreatif  daripada saat-saat ia belum merintis bisnis ini. Apalagi produk-produk lampu hiasnya tidak ada yang menyamai sehingga ia merasa peluang bisnisnya ini sungguh besar. Meski ada persaingan, hanya sedikit saja. Dan rekan-rekannya sesama pelaku bisnis lampu hias memiliki ciri khas produk sendiri-sendiri. Ternyata pekerjaan sebagai perajin lampu hias tidaklah mudah. Fajar harus menggunakan alat potong khusus untuk mengukirkan motif batik di atas lempengan kayu jati. Selanjutnya baru di-finishing. Setelah tahap finishing, Fajar kemudian menghaluskan kap lampu dan mengecatnya dengan cat kayu. Langkah terakhir adalah pemasangan lampu dan kabel di dalam kap. Saat lampu dinyalakan, motif batik akan terlihat sangat menarik dan unik.

ide bisnis, lampu hias, wisatawan asing, anak negeri

Produk-produk lampu hias buatan Fajar terdiri dari berbagai model dan ukuran. Model lampu hias yang dapat dijumapai di stand lampu hias milik Fajar antara lain model bentuk segitiga, persegi, dan kotak. Sedang ukuran tinggi antara 33 cm hingga 45 cm.

Berbeda dengan Fajar, perajin lampu hias lain yang bernama Agustina menggunakan kayu jenis sungkai sebagai bahan/ material utama produk lampu hias buatannya. Ia memanfaatkan kayu sungkai sisa  pembuatan furniture. Menurut Agustina, kayu jenis sungkai memiliki warna yang cerah dan teksturnya juga halus. Ia juga menerapkan finishing natural agar serat-serat alami kayunya terlihat jelas. Warna cat pilihannya adalah warna hitam agar kap lampu tampak lebih modern. Ternayata jenis lampu hias seperti buatan Fajar dan Agustina sangat diminati oleh wisatawan asing. Tak sedikit wisatawan asing memborong produk lampu hias buatan Fajar dan perajin lampu hias lainnya.

ide bisnis, lampu hias, wisatawan asing, anak negeri

BACA JUGA:

Ikan Berkumis Pembawa Keuntungan

Rumah Kontainer, Alternatif Hunian Dengan Peluang Menggiurkan

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *