Teropong Bisnis | Homepage
Variasi Produk, Senjata Utama Penjualan yang Melesat

Variasi Produk, Senjata Utama Penjualan yang Melesat

0 Comments 🕔27.May 2014

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Salah satunya adalah menyediakan variasi yang banyak untuk produk Anda. Hal ini bukanlah hanya teori belaka. Beberapa ahli melakukan penelitian dan menemukan bahwa memang, variasi produk berhubungan langsung pada tingkat penjualan Anda.

Peneliti dari Universitas Basel Swiss, Universitas Mannheim Jerman dan Univesitas Indiana di Amerika Serikat mengadakan penelitian mengenai variasi produk ini. Mereka mengadakan 50 percobaah terhadap 5.000 konsumen. Mereka menawarkan produk jeli dengan variasi warna yang berbeda. Hasilnya, banyak orang membeli produk dengan variasi warna yang banyak, meskipun rasa produk ini sama.

Untuk mendapatkan keuntungan dari variasi produk ini, Anda tidak dapat menerapkannya pada setiap produk yang Anda jual. Anda harus melihat produk yang tepat, dimana Anda dapat menambahkan variasi produk. Ada 2 kelompok produk yang dapat Anda gunakan untuk menambah variasi produk tersebut.

Produk dengan Peningkatan Penjualan yang Tinggi

Bila Anda menemukan salah satu produk Anda dapat meningkatkan penjualan Anda, maka produk ini dapat Anda pilih. Peningkatan ini merupakan tanda bahwa konsumen memerlukannya dan menjadikannya tujuan utama menggunakan layanan bisnis Anda. Jadi, dengan menambah variasi pada produk kelompoki ini, maka Anda dapat memaksimalkan peningkatan yang disebabkannya. Contohnya, bila Anda menjual perlengkapan sepak bola, Anda dapat menambah variasi produk dengan aksesoris dan lainnya.

Produk dengan Kinerja Buruk

Bila salah satu produk Anda mempunyai kinerja yang buruk dengan penjualan rendah, Anda tidak harus menyingkirkannya. Lihat kompetitor Anda yang menjual produk yang sama. Apakah penjualan mereka stabil dan naik, karena ada variasi pada produk mereka? Bila ya, Anda dapat mencoba menambah variasi untuk jenis produk ini.

Pemberian variasi pada satu produk Anda juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Anda tidak dapat hanya menambahkan produk sama dengan warna berbeda ataupun kemasan berbeda. Tujuan utama dalam pemberian variasi produk ini adalah memberi pilihan lebih kepada konsumen. Jadi, mereka dapat membeli produk sesuai setiap kebutuhan yang mereka punya.

Aturan mengenai variasi produk ini juga diteliti oleh beberapa peneliti dari Univesitas Stanford dan Univesitas Columbia. Mereka menemukan bahwa variasi dapat memberikan konsumen alasan untuk membeli produk Anda dan membuat pilihan.

Contohnya, untuk produk makanan dan minuman, variasi yang dapat diberikan adalah variasi rasa. Sedangkan untuk produk pakaian, Anda dapat memberi variasi pada fungsi pakaian tersebut. Variasi seperti pakaian untuk ke kantor, pesta atau acara santai dapat Anda gunakan.

Tentunya Anda juga harus melakukan penelitian terhadap kebutuhan konsumen. Informasi yang didapat dapat Anda gunakan untuk memilah variasi produk apa yang dapat Anda buat. Dengan demikian, variasi produk Anda benar-benar bermanfaat bagi konsumen.

varian produk, wirausaha, peluang bisnis, ide bisnis, produk

BACA JUGA:

Menilik Peluang Menggiurkan Bisnis Salon Pria

Mengais Nikmatnya Laba dari Pakaian Adat Anak

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *