Teropong Bisnis | Homepage
Usaha Kreatif Indonesia Sebenarnya Unggul, Tapi…

Usaha Kreatif Indonesia Sebenarnya Unggul, Tapi…

0 Comments 🕔27.Feb 2016

Meskipun dikatakan bahwa saat ini merupakan era dari usaha kreatif, namun masih banyak pelaku usaha kreatif di Indonesia yang tidak dapat bersaing dengan pelaku usaha kreatif dari negara lain. Bila melihat bakat serta kemampuan, dapat dikatakan Indonesia tidaklah kalah dari negara lain. Contoh nyatanya adalah Joey Alexander, pianis cilik asal Bali yang berhasil tampil di acara sebesar Grammy Award 2016. Dia menjadi bukti bahwa Indonesia tidaklah kekurangan talenta-talenta di bidang kreatif.

Lalu apakah yang menjadi pembeda? Yang paling tampak adalah bagaimana sistem kerja dari pelaku usaha kreatif di Indonesia. Banyak pelaku usaha kreatif masih mengandalkan jumlah SDM yang terbatas untuk menjalankan usaha mereka. Anda pasti mudah menemukan banyak studio kreatif pembuat animasi atau sejenisnya yang hanya dijalankan oleh beberapa orang saj, bahkan satu hingga dua orang saja.

Kondisi ini jelas berbeda dengan usaha kreatif dari negara lain, terutama di gudangnya pelaku kreatif di Hollywood. Di Hollywood, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kreatif, tidak hanya diisi oleh orang-orang yang memang mengkhususkan diri dibidang kreatif. Ada berbagai individu dari berbagai bidang yang bekerja sebagai satu kesatuan atau lebih tepatnya mereka berkolaborasi.

Meskipun disebut usaha kreatif, hal ini tidak berarti yang dibutuhkan adalah orang-orang dibidang ini saja. Usaha kreatif tetaplah bagian dari dunia usaha. Artinya, usaha dibidang ini akan berhubungan dengan banyak aspek, seperti pemasaran, manajemen keuangan, dan lain sebagainya. Dan, untuk memaksimalkan aspek-aspek inilah, kolaborasi dengan individu dibidang lain dibutuhkan.

Bahkan, dalam dunia kreatif saja, ada banyak bagian yang harus ditangani oleh orang yang memang ahli dalam bidang tertentu saja. Misalnya, pada perusahaan pembuat animasi 3 dimensi, ada orang yang menangani pembuatan model 3 dimensi, pencahayaan, animasi atau menggerakan model tersebut, hingga rendering.

Sayangnya, banyak pelaku usaha kreatif di Indonesia yang masih terikat oleh ego mereka. Banyak dari mereka yang mengaku ingin menjalankan usaha ini secara profesional masih mengerjakan banyak hal seorang diri. Alasan yang banyak dikemukakan adalah hanya satu orang tersebut yang memahami ide dari proyek yang dikerjakan.

Pola pikir seperti ini memang masih dapat bekerja, bila Anda ingin membuat proyek pribadi atau portofolio Anda. Tetapi, bila Anda sudah menjalankan perusahaan dan menangani klien, hal ini tentu tidak tepat. Hasil yang didapat tidak akan maksimal serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek juga akan lebih lama.

Sudah banyak contoh mengenai pentingnya kolaborasi dan kreatifitas dalam usaha kreatif. Seperti, Pixar, salah satu perusahaan animasi terbesar didunia yang menghasilkan berbagai film animasi populer. Perusahaan ini diawali oleh beberapa orang dari bidang-bidang yang berbeda. Hal sama juga dapat Anda lihat pada Lucas Film, Industrial Light and Magic, dan masih banyak lagi.

Usaha Kreatif

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *