Teropong Bisnis | Homepage
Telur Semut Penghasil Jutaan Per Minggu

Telur Semut Penghasil Jutaan Per Minggu

0 Comments 🕔02.Jun 2014

Banyak orang menganggap bahwa semut adalah hewan pengganggu. Tetapi, ditangan yang tepat, semut dapat menjadi ladang emas penghasil keuntungan.

Contoh nyatanya adalah Prihandono. Pria berusia 45 tahun asal Desa Temuwulan, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini, sukses dengan telur semut atau biasa disebut kroto. Dia berhasil membudidayakan semut yang diambil telurnya untuk pakan ternak. Hasilnya, dia berhasil menghasilkan keuntungan hingga Rp. 1 juta per minggu.

Usaha ternak semut ini masih jarang ditekuni oleh orang. Oleh karena itu, banyak orang menganggapnya usaha yang tidak lazim atau aneh. Tetapi, karena hal ini pula, peluang budidaya semut ini sangat menjanjikan. Persaingan masih rendah dan keuntungan yang berlipat ganda.

Jenis semut yang diternakkan oleh Prihandono adalah semut rangrang. Semut ini terkenal dengan gigitannya yang sangat menyakitkan.

Budidaya semut ini, hampir sama dengan budidaya hewan lainnya. Prihandono hanya menyediakan kandang atau tempat hidup semut dari botol air mineral. Selain itu, dia juga rutin memberikan makan dan minum, agar semut betah, tidak mati dan cepat bertelur.

Suhu juga dia perhatikan. Diusahakan suhu tempat hidup semut tidak terlalu panas. Oleh karena itu, bila cuaca panas, Prihandono menyemprotkan air untuk menormalkan suhu.

Panen dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu. Setiap panen, semutnya dapat menghasilkan 3-4 kg telur semut dan dijual dengan harga Rp. 150 ribu. Dari penjualan ini, Prihandono dapat menghasilkan omzet sebesar Rp. 800 ribu hingga Rp. 1 juta per minggunya.

Permintaan telur semut ini sangat tinggi, karena telur semut dipandang sebagai makanan tepat untuk burung peliharaan. Selain aman dan alami, kandungan gizinya juga baik untuk kesehatan dan pertumbuhan burung. Jadi, banyak pecinta burung maupun yang membudidayakannya membutuhkan telur semut.

Prihandono sendiri tidak asing dengan dunia budidaya hewan. Sebelumnya, dia beternak kambing. Namun, karena harga pakan yang terus meningkat, dia lalu beralih pada budidaya semut ini, dan sukses.

Budidaya semut ini juga dianggap sangat mudah untuk dilakukan. Pakan yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal. Hanya Rp. 30 ribu per minggu. Uang sebesar ini digunakan untuk membeli jangkrik untuk pakan semut atau gula untuk minum semut.

Prihandono juga memberikan obat untuk kesehatan semutnya. Dan, harganya jauh lebih murah. Dia mengatakan bahwa biaya dan tenaga yang dikeluarkan untuk budidaya semut jauh lebih rendah dari budidaya kambing sebelumnay. Selain itu, dia juga dapat melakukannya dengan santai, bahkan menjadikan budidaya semut ini sebagai kegiatan sampingan.

Namun yang perlu diperhatikan dalam setiap usaha budidaya hewan adalah perawatan dan pemasaran. Dengan perawatan yang tepat, maka budidaya semut dapat menghasilkan hasil yang terbaik. Dan tentunya, untuk mendapatkan keuntungan dari telur semut yang dihasilkan, Anda harus mempunyai jalur pemasaran yang tepat. Dengan cara inilah Anda dapat mendapatkan keuntungan yang besar.

telur semut, wirausaha, usaha sampingan, ternak telur semut

BACA JUGA:

Berkah dan Keuntungan Pada Bulan Suci dengan 5 Bisnis Bulan Ramadhan

Peluang Menggiurkan Minyak Atsiri, Terlihat Dari Volume Ekspornya

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *