Teropong Bisnis | Homepage
Teh Hijau Penghasil Ratusan Juta

Teh Hijau Penghasil Ratusan Juta

0 Comments 🕔31.Mar 2014

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Sayangnya, rasanya yang pahit tidak disukai oleh banyak orang. Akan tetapi, bila Anda mampu mengolah teh hijau agar nikmat untuk dikonsumsi, maka hal ini akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Salah satu pelaku bisnis yang berhasil memanfaatkan teh hijau adalah Ifah Syarifah. Bersama adiknya, Evi Amalia, mereka merintis bisnis bernama Arafa Teh pada 2007.

Ifah mengungkapkan dia ingin agar masyarakat Indonesia menikmati teh dengan kualitas terbaik dari Indonesia. Hal ini dikarenakan, selama ini, teh kualitas terbaik tersebut hanya untuk di ekspor. Sedangkan Indonesia sendiri adalah penghasil teh terbesar di dunia.

Untuk menarik pelanggan, Ifah tidak hanya menyediakan produk teh hijau untuk diseduh. Dia juga mengkombinasikan teh hijau dengan berbagai bahan untuk membuat produk baru. Ada beberapa produk inovatif Arafa Tea, seperti cokelat green tea, opak grean tea dan minuman teh hijau instan atau Matcha Drink.

teh hijau, ratusan juta, usaha, wirausaha, ide bisnis

Produk teh hijau pertama Ifah adalah Matcha Drink. Produk ini unik karena ada campuran creamer dan gula. Dan, ternyata banyak orang menyukainya.

Dari produk pertama yang dapat dikatakan berhasil, Ifah dan Evi akhirnya mencoba membuat produk lainnya yang lebih inovatif. Akhirnya lahir cokelat rasa teh hijau. Mereka juga menyediakan 3 level rasa kepekatan teh hijau untuk produknya ini.

Belum berhenti sampai disini, kakak beradik asal Bandung, Jawa Barat ini juga berinovasi pada makanan khas Jawa Barat, yaitu opak. Mereka mencampur opak ketan dengan cokelat green tea dan teh Jepang bernama Genmaicha.Yang membanggakan, produk opak khas buatan mereka ini pernah dipesan oleh Presidan SBY sebanyak 2.500 buah.

Selain produk diatas, Arafa Tea juga membuat produk-produk inovatif lainnya. Contohnya, kacang Bogor bercita rasa green tea dan Brownies Green Tea yang dijual saat Ramadhan.

Arafa Tea juga menyediakan berbagai macam daun teh. Daun teh ini dikemas dalam kaleng. Produk buatan mereka ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 125.000.

Ifah dan Evi juga bekerjasama dengan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Ilmu Pangan Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat. Mereka meneliti tentang pengolahan teh hijau yang semuanya dilakukan di laboratorium universitas tersebut. Hasilnya, lahir bubuk teh hijau atau matcha powder yang menjadi dasar dari semua produk Arafa Tea.

Selain itu, mereka juga bekerjasama dengan petani dan pemilik kebun teh di daerah Jawa Barat, seperti Ciwidey Kabupaten Bandung dan Garut Selatan. Para petani ini akan menjadi pemasok bahan untuk Arafa Tea. Jenis teh yang diambil juga beragam, seperti teh hitam (black tea), teh putih (white tea) dan teh Jepang (genmaicha), selain teh hijau.

Ifah dan Evi juga berencana mengembangkan usahanya. Dulu, mereka hanya dapat memproduksi produk teh hijau dalam jumlah sedikit. Kini, mereka mempunyai 15 karyawan dan mampu memproduksi 120 kilogram cokelat, 5.000 keping opak dan 60 kilogram daun teh kering per minggu. Dan, omzet yang didapat mencapai Rp. 350 juta – Rp. 400 juta per bulan.

 teh hijau, ratusan juta, usaha, wirausaha, ide bisnis

BACA JUGA:

Menjadi Jutawan Lewat Bisnis Teh Herbal

Kisah Sukses Usaha Agrobisnis dari Ciwidey

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *