Teropong Bisnis | Homepage
Sukses Besar dengan Bisnis Produk Herbal

Sukses Besar dengan Bisnis Produk Herbal

0 Comments 🕔09.Oct 2013

Setelah bekerja 2 tahun sejak tahun 2004 pada perusahaan minuman, Wiwiek Hasan Basri memutuskan untuk memulai usaha pribadi, yaitu dengan membukan bisnis produk herbal. Produk herbal yang dia jual adalah jenis jahe merah dan bunga rosela. Dengan bermodal Rp. 30 juta, tahun 2006, Wiwiek mulai menjalankan usahanya ini dengan nama “Berkah Aji”.

Wiwiek belajar sistem penjualan dari tempatnya bekerja dahulu. Dan, dia mengatakan bahwa tujuan usahanya ini tidak hanya untuk mencari keuntungan, tetapi juga membantu masyarakat yang ingin menggunakan obat tanpa efek samping. Dalam hal ini adalah obat herbal.

Proses produksi bisnis produk herbal Wiwiek ini membutuhkan 2-3 ton jahe merah per bulan, yang dia peroleh dari pengusaha jahe merah di Lampung.  Per hari, usaha Wiwiek ini mampu memproduksi 300 botol jahe merah.Ukuran satu botol adalah 300 gram, dan dijual dengan harga Rp. 25.000. Menurut Wiwiek, ada banyak khasiat jahe merah, seperti mengobati masuk angin, migraine, batuk dan asam urat.

Selain jahe merah, Wiwik juga membudidayakan bunga rosela. Bunga yang terkenal bisa membantu penurunan berat badan ini, dia tanam di lahan seluas 3 hektar milik keluarganya.

Masa panen bunga rosela yang panjang, yaitu sekitar 8 bulan hingga 1 tahun, bahkan sepanjang tahun, membuat pasokan bunga rosela selalu melimpah. Wiwiek bahkan mampu menjadi penyuplai bunga rosela untuk rekan bisnisnya.

Lahan rosela Wiwiek ini mampu menghasilkan 20 kg bunga rosela basah per hari. Bunga rosela ini kemudian dikeringkan dengan sinar matahari selama 3 hari. Dan akan menyusut menjadi hanya 7 kg atau sekitar 10 bungkus.

Produk herbal rosela, Wiwiek jual dengan ukuran 1 bungkus 1 ons seharga Rp. 20.000. Sedangkan untuk kemasan 1 kg, dia jual seharga Rp. 100.000. Menurut Wiwiek, khasiat bunga rosela sangat banyak, seperti meningkatkan stamina, mengatasi hipertensi, mencegah kanker dan lainnya.

Area pemasaran produk herbal Wiwiek sudah menyebar ke berbagai tempat. Wiwiek berhasil mendapatkan konsumen dari Jakarta, Bali dan NTB (pemesan paling banyak dengan 18.000 botol tiap pemesanan), Palembang danPadang. Di Jakarta sendiri, Wiwiek sudah memiliki 4 toko yang menjual produknya ini.

Omzet yang didapat bisnis produk herbal Wiwiek ini cukup besar, yaitu antara Rp. 100 juta hingga Rp. 200 juta per bulan. Pada awal tahun jumlah pesanan menurun, karena adanya musim hujan yang mengganggu produksi.Pameran yang diadakan pemerintah mengenai obat herbal, menurut Wiwiek sangat membantu meningkatkan pesanan pada usahanya ini.

Modal dan bahan baku tidak menjadi masalah pada usahanya ini. Menurut Wiwiek, munculnya banyak kompetitor sedikit mempengaruhi bisnisnya ini.

Akan tetapi, Wiwiek berprinsip untuk selalu mempertahankan kualitas produk dan membuatnya lebih baik lagi. Dengan demikian, maka konsumen akan tahu dan lebih memilih produk yang dia jual.

Saat ini, Wiwiek memperkerjakan 18 karyawan. Dia berharap, pemerintah lebih banyak aktif dalam membantu UKM seperti ini.

 

Similar Articles

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil

Inilah 8 Penyebab Gagalnya Usaha Kecil 0

Kian banyaknya pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) membuat persaingan usaha menjadi semakin ketat. Hal ini seringkali

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini

Melirik Peluang Bisnis Potong Rambut Model Terkini 0

Mempunyai gaya rambut menarik dengan model yang sedang menjadi trend saat ini adalah hal yang

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan!

3 Alasan Utama Mengapa Dunia Maya Simpan Peluang Usaha Menggiurkan! 0

Peluang usaha akan menjadi semakin menjanjikan, bila Anda mampu memanfaatkannya dengan baik. Salah satu peluang yang

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar

4 Bukti Bisnis Keluarga dapat Sukses Besar 0

Bisnis keluarga sering dianggap sebagai bisnis yang sulit berkembang karena sulitnya terbentuk profesionalisme antar anggota keluarga

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas

5 Hal Penting Maksimalkan Peluang Bisnis Tas 0

Peluang bisnis tas terbilang cukup menggiurkan, karena produk ini banyak dicari, apalagi saat penampilan menjadi hal

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *